Brilio.net - Talas jadi salah satu jenis umbi-umbian yang sering diolah oleh masyarakat. Nggak cuma enak dikukus, umbi-umbian satu ini juga cocok dijadikan gorengan. Talas goreng bahkan jadi camilan yang cocok dikonsumsi kapan saja.

Cara membuat talas goreng juga terbilang mudah. Talas yang sudah dicuci bersih bisa langsung dihaluskan lalu dicampur tepung dan bumbu. Kalau sudah, bentuk adonan talas sesuai selera.
Lalu goreng adonan talas di minyak panas.

Meski terdengar mudah, terkadang adonan talas yang digoreng justru menempel di wajan. Kalau dibalik dengan paksa, bentuk talas goreng berisiko hancur. Kalau hancur, jadi nggak menarik lagi talas goreng saat disajikan.

Supaya talas goreng tidak lengket di wajan dan lebih renyah dibanding biasanya, kamu bisa meniru cara membuat talas goreng yang ditunjukkan pengguna Instagram @andjani_cen. Selain resep, warganet tersebut juga menunjukkan tutorial membuat talas goreng.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @andjani_cen pada Senin (8/7), kupas talas, cuci bersih, dan parut kasar. Kalau sudah, campurkan parutan talas dengan 3 sdm tauco Medan, 5 sdm tepung tapioka, 2 sdt kaldu jamur, 150 gr udang kering halus, dan 4 siung bawang putih halus. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur sempurna.

foto: Instagram/@andjani_cen

Agar hasilnya semakin renyah tahan lama, warganet ini juga menambahkan satu bubuk minuman ke dalam adonan talas goreng. Satu bubuk minuman yang dimaksud adalah 2 bungkus Ad** S*ri. Menurut pemilik video, penambahan bubuk minuman ini bisa membuat gorengan tetap renyah meski sudah dingin.

foto: Instagram/@andjani_cen

Aduk-aduk lalu bulatkan adonan talas goreng pakai tangan. Kalau sudah, langsung masukkan ke dalam minyak goreng panas. Karena adonanya tidak cair, talas goreng jadi nggak menempel di permukaan wajan.

foto: Instagram/@andjani_cen

Setelah terlihat agak kering, bolak-balik talas goreng. Tujuannya agar talas goreng bisa matang secara merata. Kalau sudah berwarna kecokelatan, langsung angkat dan tiriskan.

foto: Instagram/@andjani_cen

Talas goreng yang sudah matang tampak kulitnya sangat krispi. Saat dibelah pakai tangan, bagian dalam gorengan satu ini terlihat lembut.