Brilio.net - Talenan plastik yang digunakan terus menerus dalam waktu lama berpotensi kotor dan penuh noda membandel. Salah satu noda yang sering menempel di talenan plastik adalah jamur. Pada dasarnya, jamur bisa tumbuh di talenan plastik karena kondisinya lembap dan jika sisa-sisa makanan tidak dibersihkan dengan baik. Jamur tidak hanya membuat talenan terlihat kotor, tetapi juga dapat membahayakan kesehatan jika dibiarkan berkembang biak.

Namun selain jamur, biasanya noda membandel lain yang menempel di talenan berasal dari kunyit. Saat digunakan untuk memotong kunyit, noda kuning dari rempah satu ini akan menempel di talenan plastik. Sekalipun sudah dicuci dengan sabun, noda kunyit akan membekas dan bikin talenan jadi kotor.

Supaya talenan tersebut bisa digunakan dan tetap higienis, tentu jamur dan noda kunyitnya harus dibasmi. Jika bingung, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh emak-emak pengguna Instagram @rumah_stia. Melalui salah satu video yang diunggah, emak-emak satu ini mengaku hanya menggunakan tiga bahan dapur untuk membasmi jamur dan noda kunyit di talenan plastik.