Brilio.net - Andien Aisyah selama ini memang dikenal menjaga pola makannya dengan baik. Ia bahkan memberikan perhatian khusus dengan makanan dan minuman yang dikonsumsinya agar selalu bergizi dan padat nutrisi. Terlihat dalam unggahan video di media sosialnya, penyanyi berumur 38 tahun ini sampai membawa bekal makanan dari rumah saat beraktivitas sehari-hari.

Nggak cuma itu, Andien Aisyah juga mengaku menjalani berbagai metode diet, salah satunya ialah puasa intermitten. Metode ini merupakan metode puasa yang melibatkan periode jeda makan secara berkala. Nggak main-main, Andien Aisyah menjalankan intermitten fasting selama 48 jam, lho. Hal tersebut diungkap di akun TikTok pribadinya @andienaisyah.

“Jadi 48 jam puasa itu disebut juga sebagai dopamine reset fasting jadi kayak sering banget dikenal sebagai mental health fasting. Pokoknya kalau puasanya tuh lama 48 jam itu termasuk longfast itu kan lambungnya udah lama nggak diisi makanan, jadi kalau mau makan juga jangan langsung banyak gitu,” jelasnya dikutip BrilioFood pada Kamis (20/6).

foto: TikTok/@andienaisyah

Oleh karena itu, ia tampak mencicil buka puasa dengan menyantap makanan tertentu. Pastinya makanan yang dikonsumsi pun mengandung berbagai gizi dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Di salah satu unggahan videonya, penyanyi lagu “Gemintang” ini menunjukkan isi piringnya saat berbuka puasa. Penasaran ada apa saja?

1. Soto ayam tanpa santan.

foto: TikTok/@andienaisyah

Andien Aisyah mengaku soto ayam menjadi menu favoritnya untuk berbuka puasa. Dalam unggahan video, tampak sotonya berisikan potongan dada ayam dan juga ceker. Karena tidak memakai santan, kuah soto tampak bening karena terbuat dari kaldu tulang.

“Jadi kaldu tulang itu bagus banget untuk badan kita selain tadi untuk melapisi dinding usus ini juga bersifat antiinflamasi jadi kalau ada peradangan dalam arti kayak sakit sesuatu ini bisa sangat menyembuhkan,” jelas ibu dua anak ini lebih lanjut.

Nggak cuma itu, pemilihan dada dan ceker ayam jadi isian soto pun tidak tanpa sebab. Menurutnya, bagian ceker mengandung kolagen yang sangat bagus untuk kesehatan kulit. Hal ini sempat dijelaskan oleh paulcdillon.com, bahwa kolagen bisa mencegah penuaan dini sekaligus mengurangi keriput di kulit.

2. Selada dan potongan timun.

foto: TikTok/@andienaisyah

Agar seimbang, Andien Aisyah juga mengonsumsi serat dan karbohidrat. Alih-alih mengonsumsi nasi, Andien justru memilih untuk menyantap selada dan potongan timun. Selain jadi sumber serta, ternyata dilansir dari healthline.com, setiap 100 gr timun mengandung 2,16 gram karbohidrat, lho.

3. Telur rebus.

foto: TikTok/@andienaisyah

Dalam unggahan videonya, ia juga tampak mengonsumsi 2 butir telur rebus. Menurutnya, telur rebus mengandung protein sekaligus lemak baik yang dibutuhkan tubuh. Dilansir dari medicalnewstoday.com, lemak baik bisa melindungi organ tubuh dari kerusakan.

“Jangan lupa bagian kuningnya juga dimakan. Karena bagian kuningnya ini yang mengandung lemak baik gitu,” ucap Andien.

4. Alpukat.

foto: TikTok/@andienaisyah

Terakhir, Andien juga menunjukkan tempat bekalnya berisi potongan buah alpukat. Dilansir dari healthline.com, kandungan serat dalam buah alpukat bisa mencegah masalah pencernaan dan juga iritasi usus besar. Nggak heran, kalau akhirnya Andien memilih alpukat untuk dikonsumsi setelah berpuasa selama 48 jam.

Video berdurasi 2 menit 42 detik ini sontak menyita perhatian warganet. Selain sudah ditonton sebanyak 12 ribu kali, kolom komentarnya pun dipenuhi berbagai respons warganet.

“aku yg puasa 18 jam aja suka pusing, koq bisa 48jam. gimana caranya biar gk pusing,” ujar akun TikTok @Fajar Syakinah. Lalu dijawab oleh Andien, “pelan-pelan,” jelasnya.

“Udh mulai terbiasa sama jam makan 24:1 kayanya sesekali bisa nyobain 48 ini. Cuma pasti bakal dimarain karena ga makan seharian,” ucap akun TikTok @Renn.