Brilio.net - Sudah jadi hal lumrah kalau lap dapur berubah jadi buluk. Pasalnya, alat satu ini sering berurusan dengan lemak, kecap, saus, dan noda lain yang ada di dapur. Jika jarang dicuci, noda penyebab lap dapur buluk akan membandel dan sulit hilang jika dicuci dengan cara biasa.

Makanya tak sedikit orang mencoba mencucinya dengan sitrun. Sitrun atau dikenal pula dengan sebutan citric acid mengandung zat asam cukup tinggi untuk bantu mengangkat noda membandel. Namun, kadang-kadang bahan satu ini sulit ditemukan di pasaran.

Nah, buat kamu yang nggak punya stok sitrun di rumah, jangan khawatir dulu karena masih ada satu trik lain buat cuci lap dapur buluk seperti dibagikan oleh pengguna akun YouTube Clean That Up. Usut punya usut, trik ini nggak hanya bikin lap dapur bersih, tapi juga lebih wangi, lembut, dan nggak kaku.

Cara bersihkan lap kotor pakai bahan dapur.

Untuk mempraktikkan trik ini, kamu bisa melakukan proses pencucian dengan mesin cuci ataupun manual dikucek pakai tangan. Nah, pemilik akun YouTube Clean That Up memperlihatkan trik dengan mesin cuci. Masukkan dulu semua lap yang ingin dicuci ke dalam mesin cuci.

Selanjutnya, tambahkan detergen secukupnya. Pemilik akun YouTube Clean That Up menjelaskan, sebaiknya kamu pakai detergen yang bebas pewarna dan pewangi sehingga tak akan merusak serat-serat kain lap dapur. Lalu, tambahkan air hangat dan lap dapur pun siap dicuci.

foto: YouTube/Clean That Up

Setelah dicuci, angkat dan pindahkan lap dapur ke dalam baskom untuk direndam. Nah, di proses merendam lap dapur ini, kamu membutuhkan tambahan satu bahan dapur, yakni cuka.

"Soak them in a bucket of water and 2 cups of vinegar (Rendam lap dapur di dalam baskom berisi air dan 2 gelas cuka)," timpal pemilik akun YouTube Clean That Up, dikutip BrilioFood pada Sabtu (15/6).

Durasi merendam lap dapur di dalam larutan cuka cukup dilakukan 5 sampai 10 menit saja. Dilansir dari southernliving.com, cuka dikenal efektif untuk melembutkan, menghilangkan bau, sampai mengusir noda membandel pada kain, lho.

Usai direndam, lap dapur bisa dicuci kembali dengan cara biasanya, lalu bilas dan jemur sampai kering. Pemilik akun YouTube Clean That Up mengatakan, hindari menjemur lap dapur di bawah sinar matahari langsung, karena suhu panas dari sinar matahari berisiko bikin lap dapur jadi kaku.

foto: YouTube/Clean That Up