Brilio.net - Daging sapi dapat diolah menjadi berbagai menu seperti rendang, soto, empal, dan bakso. Selain lezat, daging sapi juga kaya manfaat bagi tubuh, menjadi salah satu sumber protein yang baik menurut healthline.com.

Namun, daging sapi termasuk bahan makanan yang cukup sulit diolah. Jika tidak tepat, daging sapi bisa bertekstur alot, mengurangi kenikmatan olahan tersebut. Oleh karena itu, banyak orang merebus daging sapi terlebih dahulu agar hasilnya empuk sempurna, meskipun proses ini sering memakan waktu berjam-jam.

Proses merebus daging yang terlalu lama bisa menjadi ribet. Kamu perlu mencari cara agar daging bisa empuk dalam waktu singkat. Ternyata, ada cara mengempukkan daging hanya dalam 12 menit. Cara ini dibagikan oleh pengguna YouTube ashant CHANNEL. Selain empuk, daging juga tidak bau lagi.

"Hasilnya benar-benar empuk dan tidak bau sama sekali. Bahkan bisa disuwir pakai tangan," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube ashant CHANNEL pada Senin (23/9).

Cuci bersih terlebih dahulu daging sapi yang akan direbus di air mengalir. Kemudian tiriskan.

foto: YouTube/ashant CHANNEL

Tambahkan air perasan jeruk nipis ke daging sapi. Aduk-aduk sampai semuanya merata. Diamkan terlebih dahulu selama 3 menit.

"Ini fungsinya untuk menetralisir bau amis dari daging sapi. Kamu juga bisa pakai jeruk lemon ya kalau nggak ada," ungkapnya lebih lanjut.

foto: YouTube/ashant CHANNEL

Sambil menunggu, masukkan air secukupnya ke panci. Lalu rebus pakai api kompor sedang sampai air benar-benar mendidih.

"Jika sudah mendidih, kita kecilkan api kompor lalu masukkan jahe yang sudah digeprek dan daging sapi tadi," ucapnya.

foto: YouTube/ashant CHANNEL

Tutup panci lalu masak daging sapi selama 5 menit. Agar lebih cepat matang, warganet satu ini sengaja menaruh cobek di atas tutup pancinya.

"Ini biar benar-benar matang dan di dalamnya nggak ada uap panas yang keluar," jelasnya.

foto: YouTube/ashant CHANNEL

Setelah direbus selama 5 menit, matikan api kompor. Diamkan selama 30 menit tanpa perlu membuka tutup panci. Jika sudah, nyalakan api kompor dan masak lagi selama 7 menit.

Matikan kompor dan tiriskan daging sapi kalau sudah direbus selama 7 menit. Meski cuma direbus selama 12 menit, hasil daging sapi pun benar-benar memuaskan.

"Cara ini bisa hemat gas dan hasilnya empuk sempurna," jelasnya.

foto: YouTube/ashant CHANNEL