Brilio.net - Jagung menjadi sumber karbohidrat sekaligus protein yang kerap diolah oleh masyarakat. Jagung juga bisa dibuat menjadi berbagai menu masakan, seperti bubur, jagung susu keju, bakwan, hingga pelengkap sop. Tekstur dan rasa yang unik jagung membuat masakan menjadi semakin nikmat.

Nah, bentuk jagung yang dipakai biasanya menyesuaikan. Misalnya untuk bakwan dan jasuke, memakai jagung yang sudah dipipil. Sementara untuk sup, sayur asem, atau jagung rebus, jagung masih berbentuk utuh dan ada bonggolnya.

Bicara soal jagung yang masih ada bonggolnya, tak sedikit orang malas mengolah bonggolnya tersebut. Karena membelah bonggol jagung menjadi pekerjaan yang cukup sulit. Bagaimana tidak, tekstur bonggol yang keras dan bulat, membuat pekerjaan memotong bahan makanan ini memerlukan tenaga lebih. Saking susahnya, banyak orang justru mengaku emosi saat memotong bonggol jagung.

Salah satu akun Instagram @ummubalqishaura pun membagikan cara praktis membelah sekaligus memotong bonggol, lho. Hasilnya tetap rapi, meski tanpa dimasukkan plastik sekali pun. Menariknya lagi, cara ala warganet satu ini nggak bikin emosi untuk membelah bonggol jagung.

"Sejak aku tahu cara ini, aku ga emosi lagi," terangnya, dikutip BrilioFood dari Instagram @ummubalqishaura pada Senin (24/6).

Pertama, siapkan jagung yang ingin dibelah. Kupas seluruh kulit jagung hingga bersih, hilangkan juga rambutnya yang masih menempel untuk memudahkan membelah bonggol jagung.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Setelah jagung bersih dari kulit dan rambut, siapkan alat seperti talenan serta pisau tajam. Lalu, letakkan jagung di atas talenan. Sebelum jagung beserta bonggol dipotong, pegang bagian ujungnya dengan tangan kiri. Kemudian potong bonggol jagung dengan cara menancapkan pisau ke sisi tengah bonggolnya.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Setelah pisau tertancap, wanita itu tampak membalikkan posisi jagung dan pisau. Setelah itu, pegang kedua ujung bonggol jagung menggunakan tangan kanan dan kiri. Lalu, entakkan bonggol jagung dan pisau hingga terbelah. Tak sampai 5 detik, bonggol jagung pun dapat terbelah.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Jika kamu ingin mendapatkan ukuran yang lebih kecil, lakukan hal yang sama dengan menyesuaikan ukuran berdasarkan selera. Cara ini bisa membuat potongan bonggol jagung menjadi tampak begitu rapi dan tak ada biji yang berceceran. Kini, jagung yang sudah terbelah bisa diolah menjadi masakan sesuai selera.

Selain dihentakkan ke talenan, rupanya ada cara lain lagi untuk memudahkan membelah bonggol jagung. Pemilik akun @ellshab352 berbagi informasi di kolom komentar, bahwa ia biasa menggunakan cobek dan memukulkannya ke pisau yang menancap di bonggol jagung. Dengan begitu bonggol jagung akan langsung terbelah.

"Aku biasanya pake cobek umm.. Dipukulin ke pisaunya. Makanya khusus potong jagung pake pisau yg murah aja," tulis @ellshab352.

Nah, mudah sekali bukan? Kamu tertarik untuk mencobanya dengan trik yang mana?