Brilio.net - Hingga kini, daun pisang masih banyak digunakan sebagai bungkus makanan, terutama untuk makanan tradisional seperti lemper, urap-urap, pepes, lontong, dan aneka jajanan pasar. Selain kokoh, daun pisang juga memberikan aroma dan rasa khas pada makanan yang dibungkus di dalamnya.

Untuk mendapatkan daun pisang yang kokoh, biasanya orang memilih daun pisang yang masih muda karena cenderung lentur dan tidak mudah sobek. Namun, mendapatkan daun pisang muda bisa cukup sulit.

Oleh karena itu, banyak orang menggunakan daun pisang yang sudah tua meskipun teksturnya cenderung kering dan mudah sobek. Daun pisang tua umumnya lebih lebar dan harganya lebih murah, sehingga lebih umum ditemukan di pasaran.

Seperti disebutkan, daun pisang yang tua memiliki tekstur kaku dan mudah sobek. Jika langsung digunakan, hasilnya bisa nggak sempurna dalam membungkus makanan. Oleh sebab itu, banyak orang melenturkan daun pisang ini dengan berbagai cara.

Salah satu cara melenturkan daun pisang yang paling umum adalah dengan dijemur. Sinar matahari mampu mengubah tekstur daun pisang jadi lebih lentur dan nggak mudah sobek. Tapi cara ini cenderung memakan waktu lama.

Sebagai gantinya, ada juga orang yang memilih membakar daun pisang. Jadi daun pisang akan dipanaskan di atas kompor sampai warnanya berubah hijau cerah. Selain dibakar, ada juga yang memilih mengukus daun pisang agar teksturnya jadi lentur.

Sejumlah cara tersebut memang efektif. Tapi terkadang, sebagian orang mengaku cara tersebut cenderung merepotkan. Jika tidak dibakar dengan hati-hati, daun pisang justru bisa hangus. Sedangkan jika dikukus, teksturnya bisa basah dan bikin makanan yang dibungkus jadi nggak awet.

Tapi tak perlu khawatir, ada sebuah trik lain yang bisa dilakukan jika hendak melenturkan daun pisang. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok @dapureumoni. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku trik yang biasa dilakukan cenderung lebih cepat dan aman.

Dilansir BrilioFood ada Sabtu (28/9), pengguna TikTok @dapureumoni memilih menggunakan setrika. Jadi, siapkan dulu daun pisang yang akan digunakan. Sebaiknya daun pisangnya sudah dipotong-potong supaya lebih mudah dilenturkan.

Sembari itu, panaskan setrika. Lalu siapkan alas berupa kain tebal dan letakkan daun pisang di atasnya. Jika setrika sudah panas, gosokkan langsung ke atas daun pisang secara merata.

foto: TikTok/@dapureumoni

Suhu panas pada setrika ini akan membuat daun pisang berubah warna jadi hijau cerah. Selain itu, suhu panasnya juga bikin tekstur daun pisang yang kaku bisa semakin lentur, lho. Nah, lakukan proses ini di kedua sisi daun pisangnya.

foto: TikTok/@dapureumoni

Nah, daun pisang yang sudah lentur ini pun siap digunakan. Dalam video tersebut, pengguna TikTok @dapureumoni hendak memakainya untuk bungkus lontong. Sekalipun sudah digulung dan dilipat-lipat, daun pisang nggak patah atau sobek, lho. Sangat efektif, bukan?

foto: TikTok/@dapureumoni