Brilio.net - Munculnya noda karat pada gunting dapat membuat kinerja benda satu ini menurun. Bukan tanpa sebab, gunting berkarat cenderung sulit digunakan karena karat menyebabkan permukaan logam menjadi kasar dan tidak rata, sehingga menghambat gerakan pisau gunting. Akibatnya, gunting tidak dapat digunakan secara lancar dan efektif untuk memotong.

Dalam menghadapi gunting yang berkarat, sebagian orang terkadang memilih membeli gunting baru. Sedangkan gunting berkarat akan dibuang begitu saja. Padahal tahu nggak sih, sebenarnya gunting berkarat tetap layak digunakan kembali jika nodanya sudah dibersihkan.

Untuk membersihkan karat pada gunting, kamu tak perlu alat atau bahan khusus. Cukup dengan satu alat dapur saja, noda karat pada gunting bisa bersih dalam waktu 1 menit. Yup, trik cepat menghilangkan karat pada gunting ini pernah dibagikan oleh pengguna Instagram @of3house melalui salah satu video yang diunggah.

Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @of3house pada Senin (24/6), satu alat dapur yang digunakan adalah kertas aluminium foil. Cukup siapkan selembar kertas aluminium foil. Lalu remas-remas kertas aluminium foil sampai berbentuk bulatan.

foto: Instagram/@of3house

Selanjutnya, siapkan mangkuk lalu isi air secukupnya. Kemudian celupkan bulatan aluminium foil ke dalamnya. Jika sudah, gunakan untuk menggosok noda karat pada gunting. Gosok secara berulang sambil sesekali celupkan lagi ke mangkuk berisi air.

foto: Instagram/@of3house

Dalam video tersebut, pengguna Instagram @of3house cukup menggosok satu sisi gunting selama beberapa detik saja. Lalu noda karat di gunting bisa langsung hilang. Hal ini ditandai dengan adanya cairan cokelat keruh yang luntur ketika gunting digosok. Nah, supaya hasilnya kian maksimal, gosok juga bagian gunting selain secara merata agar semakin bersih dari karat.

Terakhir, bilas gunting sampai bersih dan keringkan. Pastikan gunting disimpan dalam kondisi benar-benar kering untuk menghindari munculnya karat lagi. Selain itu, bersihkan gunting setiap selesai dipakai, ya. Dengan begitu, gunting jadi lebih awet dan tajam saat digunakan.

foto: Instagram/@of3house

Ungganan tentang trik hilangkan karat pada gunting ini telah ditonton lebih dari 42 ribu kali di Instagram. Siapa sangka, banyak pengguna Instagram lain yang tertarik untuk mencoba trik tersebut secara langsung. Sebagian besar warganet ini memang mengaku baru tahu trik hilangkan karat menggunakan aluminium foil.

"Baru tauu makasih tipsnya mba," papar Instagram @singgahbertiga.

"Wahh nambah pengetahuan lagi nih," sahut Instagram @vinallyhome.

"wah mau pakai juga buat bersihin gunting dirumah," tulis akun Instagram @furnicefurnishing.

"Baru tau fungsi lainnya aluminium foil makasih tipsnya mba," komentar akun Instagram @asrija_sri.

"Ada lg mba bisa buat tajaman pisau chopper, diblender kya kulit telur," kata Instagram @mikapratisha.