Brilio.net - Saat menyantap hidangan, banyak orang merasa kurang puas kalau belum ada menu sayur. Ada banyak variasi sayur yang bisa kamu sajikan bersama nasi dan lauk, salah satunya urap. Sayur urap terbuat dari potongan berbagai jenis sayuran, diracik dengan kelapa parut berbumbu.

Nah, bumbu kelapa pada urap ini jadi kunci nikmatnya hidangan urap sayur. Namun, banyak orang belum tahu trik membuatnya, sehingga jadi cepat basi. Banyak orang membuat bumbu sayur urap dengan cara ditumis. Padahal, cara tersebut dianggap bikin urap kurang tahan lama, lho.

Pemilik akun TikTok @mardatillahika punya trik bikin sayur urap yang tidak cepat basi meski tanpa ditumis, nih. Usut punya usut, bumbu urapnya bisa awet sampai berbulan-bulan saat disimpan, lho.

foto: TikTok/@mardatillahika

Semula, kamu harus menyiapkan cobek dan ulekan dulu untuk menghaluskan bumbu. Haluskan bawang merah dan putih, kencur, daun jeruk, serta cabai merah besar. Pemilik akun TikTok @mardatillahika mengatakan, kamu bisa memanfaatkan blender untuk menghaluskan bumbu urap ini. Tetapi, hasilnya akan jauh lebih enak kalau diulek dengan cobek, lho.

foto: TikTok/@mardatillahika

Setelah itu, campurkan bumbu halus tersebut dengan kelapa yang sudah diparut.

"Masukkan kelapa parut setengah tua," tegas pemilik akun TikTok @mardatillahika, dikutip BrilioFood pada Selasa (20/8).

Aduk sampai benar-benar rata. Kamu juga bisa menambahkan garam dan penyedap, kemudian jangan lupa koreksi rasanya.

Selanjutnya, pindahkan kelapa parut yang sudah dicampurkan dengan bumbu ke atas wajan. Kamu tak perlu menambahkan minyak sama sekali, karena bumbu kelapa parut ini akan disangrai. Yup, proses memasak bumbu urap dengan sangrai ini akan menghilangkan kelembapan dan membuatnya lebih awet, lho.

foto: TikTok/@mardatillahika

Aduk terus bumbu urap yang tengah disangrai. Pastikan kamu menggunakan api kompor sedang cenderung kecil. Sangrai bumbu urap hingga kering, kemudian angkat.

"Semakin kering, semakin awet ya nanti urapnya," timpal warganet di akun TikTok @mardatillahika ini.

foto: TikTok/@mardatillahika

Usai diangkat, bumbu urap bisa dibiarkan dulu hingga dingin sebelum disimpan di kontainer dan dimasukkan ke kulkas. Nantinya, bumbu urap tersebut akan tetap awet hingga berbulan-bulan, lho.

Di samping itu, bumbu urap juga bisa langsung disajikan bersama sayur urap favorit masing-masing.

Gimana, praktis banget kan trik bikin urap sayur satu ini? Mengintip unggahan TikTok @mardatillahika, selain sudah ditonton 3 juta kali, video ini juga mendapat banyak respons antusias dari warganet lain di kolom komentarnya.

"bumbu nya di tumis terlebih dahulu.. setelah matang baru di masukin kelapa parut nya.. kalau saya yg masak," sebut TikTok @Yannie dan dibalas oleh pemilik video, "Saya pernah bikin kayak gt di yutub saya tp rasanya enakan gimi."

"ga pake terasikah itu," tanya TikTok @SANNY yang dijawab, "Boleh pake kl mau."

"klw cara orang lombok kelapanya di bakar dulu baru di parut beh harum dan enak bnget ," cetus TikTok @nikentoharaamin77.