Pohon pisang bukan hanya bisa diambil buahnya untuk diolah jadi gorengan, tapi juga batangnya atau kerap disebut dengan istilah gedebog juga sering dimanfaatkan jadi masakan. Meski begitu, banyak orang belum tahu kalau gedebog pisang bisa dimakan. Bahkan, kalau tahu trik pembuatannya, gedebog pisang bisa disulap jadi menu lezat yang bikin ketagihan.

Salah satu pengguna TikTok dengan akun @mursid241 sempat membagikan resep olahan keripik gedebog pisang, nih. Ia juga punya trik supaya hasil olahan gedebog pisangnya jadi tak pahit, lho. Pasalnya, gedebog pisang mengandung banyak getah yang rasanya nggak bersahabat dengan lidah.

Untuk mempraktikkan trik agar gedebog pisang tak pahit, kamu cuma membutuhkan satu bahan dapur sederhana. Di samping itu, trik masak keripik dari gedebog ini juga bikin hasilnya renyah dan nikmat pakai racikan tepung dan bumbu yang simpel.

 

© TikTok

Sebelum mencoba triknya, siapkan dulu gedebog pisang yang ingin dimasak. Pemilik akun TikTok @mursid241 menjelaskan, kamu harus pakai gedebog pisang yang masih muda, sehingga teksturnya nggak keras usai dimasak nantinya.

© TikTok/@mursid241

Setelah itu, potong-potong gedebog pisang jadi kotak-kotak kecil. Lalu, kupas kulitnya hingga bersih dan iris-iris serat gedebog pisang jadi sangat tipis. Nah, serat gedebog pisang inilah yang akan diambil untuk dijadikan keripik.

© TikTok/@mursid241

Selanjutnya, siapkan wadah berisi air bersih dan larutkan asam jawa sambil disaring ke dalam air. Yup, asam jawa inilah bahan inti untuk mengolah gedebog pisang yang bebas getah dan tak pahit. Setelah asam jawa larut, rendam irisan serat gedebog pisang di dalamnya sebentar saja.

"Setelah itu cuci dan bilas sampai bersih," kata pemilik akun TikTok @mursid241, dikutip BrilioFood pada Kamis (29/8).

© TikTok/@mursid241

Jika gedebog pisang sudah dibilas dan ditiriskan, lanjut baluri dengan telur. Setelah itu, baluri pula gedebog pisang dengan tepung yang sudah dicampur dengan lada, garam, serta bawang putih bubuk.

© TikTok/@mursid241

Terakhir, goreng gedebog pisang di wajan berisi minyak panas. Jangan lupa bolak-balik gedebog pisang selagi digoreng biar tekstur renyah dan matangnya merata. Setelah itu, angkat, tiriskan, dan sajikan keripik gedebog pisang.