Brilio.net - Kunci gorengan yang enak sudah pasti terletak pada teksturnya, yakni renyah saat dikunyah. Namun, masih banyak orang kesulitan menghasilkan gorengan renyah. Terkadang, adonan gorengan masih cenderung lembek atau malah rontok saat dimasak di penggorengan.

Makanya biar hasilnya renyah dan adonan tak rontok saat digoreng, kamu perlu mengetahui triknya, nih. Salah seorang warganet di akun Instagram @dibasenja sempat membagikan trik bikin gorengan antigagal lewat sebuah unggahan video.

Di video tersebut, ia mempraktikkan trik untuk menggoreng udang. Tetapi, kamu juga bisa menggunakan bahan lain sesuai selera, baik tempe, cumi, ayam, tahu, ikan fillet, dan masih banyak lagi. Usut punya usut, trik ini mengandalkan satu bahan dapur, lho.

"Pengin makan gorengan tapi malah lembek, gak ada sensasi kriuk-kriuknya? Nah aku punya tips biar kriuk-kriuk nih," tulisnya di keterangan video Instagram @dibasenja, dikutip BrilioFood pada Sabtu (3/8).

foto: Instagram/@dibasenja

Semula, siapkan sebuah mangkuk terlebih dahulu untuk meracik adonan. Pemilik akun Instagram @dibasenja menggunakan 60 gr tepung terigu, 30 gr tepung maizena, dan 30 gr tepung beras. Yup, tiga jenis tepung ini jadi rahasia adonan bisa renyah saat digoreng.

Lalu, masukkan juga bumbu seperti garam dan lada secukupnya. Terakhir, tambahkan 1/2 sdt baking soda. Baking soda ini akan berfungsi untuk menambah tekstur renyah adonan, lho. Kemudian, aduk hingga semua bahan tercampur rata.

foto: Instagram/@dibasenja

Sisihkan dulu racikan tepung yang sudah dibuat untuk menyiapkan udang. Cuci bersih dan bumbui udang sesuai selera. Kemudian, baluri udang dengan putih telur. Putih telur inilah bahan dapur utama yang wajib ada untuk mempraktikkan trik agar adonan renyah dan tak rontok saat digoreng.

"Udang dibalurkan putih telur terlebih dahulu, agar tepung menempel dengan sempurna," tegas warganet yang akrab disapa Diba ini.

Setelah dibaluri dengan putih telur, baru pindahkan udang ke adonan. Bolak-balik supaya tepungnya menempel ke seluruh permukaan udang.

foto: Instagram/@dibasenja

Usai diberi tepung, langsung goreng udang di dalam wajan berisi minyak. Pastikan minyaknya sudah dipanaskan di atas api sedang terlebih dahulu.

foto: Instagram/@dibasenja

Saat gorengan sudah jadi kecokelatan, angkat dan tiriskan. Setelah tak ada lagi minyak menempel, gorengan siap disajikan. Gimana, udang buatan Diba kelihatan renyah banget, kan?