Brilio.net - Getuk dikenal sebagai camilan tradisional yang terbuat dari singkong. Konon katanya, nama getuk ditentukan karena makanan ini dibuat dengan proses ditumbuk. Nah, saat proses menumbuk adonan getuk, ada suara 'tuk-tuk', makanya camilan ini diberi nama getuk.

Getuk memang banyak dijual di pasaran, tapi kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan untuk membuat getuk juga sederhana dan modalnya ekonomis. Namun, seringkali masih banyak orang keliru soal trik pembuatannya, sehingga getuk jadi mudah hancur dan cepat basi.

Kalau kamu masih sering kesulitan membuat makanan tradisional ini, trik bikin getuk singkong dari pengguna akun YouTube Dapur Putri Mama Juna boleh kamu coba di rumah, nih. Selain bikin nggak mudah hancur dan lebih awet, trik bikin getuk singkong ini juga membuat hidangan semakin wangi.

foto: YouTube/Dapur Putri Mama Juna

Semula, siapkan dulu singkong yang sudah dikupas dan dipotong-potong. Cuci bersih, tiriskan, dan kukus potongan singkong tersebut. Pastikan air di panci kukus sudah dipanaskan terlebih dahulu ya, supaya singkong bisa cepat matang. Kukus singkong selama beberapa menit sampai empuk dan merekah.

foto: YouTube/Dapur Putri Mama Juna

Usai dikukus, sisihkan dulu singkongnya. Selanjutnya, kukus juga parutan kelapa yang sudah dicampur dengan sedikit garam. Yup, kelapa parut ini harus dikukus dulu agar olahan getuk buatanmu tak cepat basi.

"Kita kukus sebentar aja. Sebenarnya tidak dikukus juga bisa, cuma kalau nggak dikukus dia cepat basi," tegas warganet akrab disapa Mama Juna ini, dikutip BrilioFood dari YouTube Dapur Putri Mama Juna pada Selasa (30/7).

foto: YouTube/Dapur Putri Mama Juna

Sembari menunggu kelapa parut dikukus, siapkan mangkuk yang diberi alas plastik. Lalu letakkan singkong yang sudah dikukus di atasnya. Jika kelapa parut sudah matang, langsung campurkan dengan singkong.

Aduk sambil ditumbuk-tumbuk menggunakan ulekan. Saat singkong sudah setengah hancur, masukkan gula pasir. Tumbuk lagi adonan getuk tersebut sampai teksturnya semakin lembut.

Selanjutnya, masukkan margarin dan vanili bubuk. Nah, margarin akan bekerja melembutkan dan membuat adonan getuk tidak mudah hancur saat dibentuk nantinya. Sementara itu, vanili akan membuat getuk semakin wangi.

Tumbuk kembali adonan getuk sampai benar-benar lembut, baru pindahkan ke atas meja. Pipihkan adonan getuk dengan rolling pin dan rapikan pinggirannya. Potong-potong getuk dengan ukuran sesuai selera.

foto: YouTube/Dapur Putri Mama Juna

Setelah dipotong, getuk bisa dipindahkan ke piring saji, lalu tambahkan garnish parutan kelapa dan potongan daun pandan. Getuk singkong siap disajikan.