Brilio.net - Air pandan adalah bahan alami yang sering digunakan dalam berbagai masakan. Dikenal dengan aromanya yang harum dan segar, air pandan memberikan sentuhan khas pada hidangan, mulai dari makanan penutup hingga minuman. Dengan tekstur lembut dan rasa yang manis, air pandan kerap menjadi bahan favorit dalam menciptakan rasa dan aroma yang autentik pada aneka masakan.

Di sisi lain, warna hijau alami dari daun pandan juga kerap dimanfaatkan untuk memberi tampilan lebih menarik pada berbagai jenis kue tradisional. Warna hijaunya yang cerah memang bisa bikin aneka jenis makanan jadi lebih menggugah selera.

Dilihat dari segi pembuatannya, membuat air pandan ini cukup dengan memblender daun pandan dan air. Namun tahu nggak sih? Ada sebuah trik yang bisa dilakukan jika kamu ingin mendapatkan air panas yang warna hijaunya lebih pekat. Nggak cuma itu, trik ini juga bisa bikin air pandan jadi lebih tahan lama disimpan.

Seorang chef sekaligus konten kreator bernama Aaron Laksana pernah membeberkan trik terlebih lebih lanjut. Melalui akun Instagram @aaron_laksana, dia mengaku ada satu bahan dapur yang ditambahkan ke dalam campuran air pandan. Nah bahan dapur ini jadi kunci penting untuk membuat air pandan berwarna hijau pekat dan lebih tahan lama.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @aaron_laksana pada Minggu (11/8), bahan dapur yang dimaksud adalah garam. Nah, garam ini berfungsi sebagai pengikat warna alami. Saat ditambahkan ke air pandan, garam membantu menstabilkan pigmen hijau dari daun pandan, yaitu klorofil, sehingga warna hijau menjadi lebih pekat dan cerah.

Di sisi lain, garam memiliki sifat sebagai pengawet alami. Garam dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang menyebabkan pembusukan, sehingga air pandan yang mengandung garam dapat bertahan lebih lama tanpa mengalami perubahan rasa atau warna. Garam juga membantu mengurangi keasaman dalam air pandan, yang bisa memperlambat proses oksidasi, menjaga kesegaran dan kualitas warna hijau dari air pandan tersebut.

foto: Instagram/@aaron_laksana

Cara pakainya pun mudah, siapkan 100 gram daun pandan. Dalam video tersebut, Aaron Laksana juga menggunakan dan suji agar warna hijaunya jadi lebih pekat. Takaran daun suji ini sama dengan daun pandan, yakni 100 gram. Jadi perbandingan keduanya adalah 1:1.

Cuci bersih daun pandan dan daun suji, lalu potong-potong jadi bagian kecil. Setelah itu, masukkan ke dalam blender dan tambahkan 400 ml air. Takaran air ini harus dua kali lipat dari berat daun yang digunakan.

foto: Instagram/@aaron_laksana

Jika sudah, tambahkan sedikit garam. Barulah kemudian blender sampai halus. Kemudian saringan air pandan ini. Nah, air pandan yang dihasilkan akan jadi lebih hijau pekat lho. Kamu bisa langsung menggunakannya atau disimpan dalam kulkas terlebih dahulu untuk stok.

foto: Instagram/@aaron_laksana

Unggahan tentang trik bikin air pandan ini telah ditonton lebih dari 31 ribu kali. Banyak pengguna Instagram lain yang tertarik dan turut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian warganet ini mengaku baru tahu trik bikin air pandan dengan tambahan garam seperti dalam video tersebut.

"trmksh byk chef sdh spil cara buat air pandan," sahut Instagram @yellow_quenn82.

"Oh . Begitu chef..aku kalo bikin ga pake garam," tulis akun Instagram @noershafarizky.

"Di chiller tahan berapa lama chef?" tanya akun Instagram @lucyfazri, yang kemudian dijawab oleh sang pengunggah video, "kalo diberi garam bisa 5 harian sampe seminggu sih dan di chiller ya."