Bahannya pun sangat sederhana. Pertama-tama, iris tipis tempe supaya hasilnya nanti lebih renyah dan krispi.

foto: YouTube/Ceceromed Kitchen

Di sisi lain, masukkan 4 sdm tepung terigu dan 2 sdm tepung tapioka di mangkuk. Aduk sampai rata. Lalu masukkan 1/2 sdt baking powder. Nah, bahan inilah yang akan membuat tekstur adonan jadi semakin renyah. Aduk lagi.

foto: YouTube/Ceceromed Kitchen

Supaya makin sedap, masukkan 2 siung bawang putih yang dihaluskan, 1/2 sdt ketumbar bubuk, 1/2 sdt garam, dan 1/4 sdt kaldu bubuk. Aduk semua bahan sampai tercampur rata. Barulah kemudian tuang 250 ml sambil terus diaduk.

INFOGRAFIS CARA BIKIN ADONAN TEMPE SUPER GURIH DAN TETAP RENYAH SEHARIAN
© 2023 brilio.net/Rakha Kharista

"Adonannya ini cair banget, sangat encer. Ini encernya sama kayak bikin kremesan," jelasnya lebih lanjut.

foto: YouTube/Ceceromed Kitchen

Lanjut masukkan tempe yang sudah diiris tipis tadi. Lalu tekan-tekan sedikit supaya adonan tepungnya bisa merata di seluruh permukaan tempe. Nah, tempe ini pun siap digoreng dalam minyak panas.

Selain panas, gunakan juga minyak yang cukup banyak agar hasilnya tempe renyah maksimal. Jika sudah panas, masukkan tempe satu per satu. Biasanya, saat digoreng, sisa adonan tepung biasanya akan membentuk gumpalan kecil di minyak goreng. Kumpulkan gumpalan tepung ini di bagian atas tempe sambil bolak-balik tempenya agar menempel.

foto: YouTube/Ceceromed Kitchen

Jika tempe sudah setengah kering, siram tempe dengan 4 sdm adonan tepung tadi. Posisinya harus agak tinggi supaya menghasilkan tekstur seperti kremesan. Lalu bolak-balik sampai gumpalan adonannya menempel di permukaan tempe. Jika adonan tepung sudah kering, ulangi proses ini. Jika ditotal, proses ini harus dilakukan sampai empat kali untuk menghasilkan permukaan tempe yang keriting dan renyah.

"Cara ini bikin tempenya krispi banget, garing banget," terang YouTube Ceceromed Kitchen.

Ketika tempe sudah berubah jadi kuning kecokelatan dan berbentuk keriting, angkat dan tiriskan sampai benar-benar kering. Nah, tempe goreng ini bisa dipindahkan ke piring untuk disantap. Dijamin krispinya tahan lama walau hanya diletakkan di atas piring.

foto: YouTube/Ceceromed Kitchen

Ditonton lebih dari 723 ribu kali, video ini sontak menuai perhatian warganet. Melalui kolom komentar, banyak pengguna YouTube lain yang mengaku sudah berhasil menerapkan trik dan resep tempe goreng tersebut. Di sisi lain, tidak sedikit juga yang ingin mencoba resep tersebut.

"sudah nyoba..gurih garing kriuk..makasih banyak resepnya," kata YouTube @ratnaestri2960.

"dulu pernah bikin ginian dan asli enak banget. skrg liat resep ini jadi inget lagi. besok auto bikin," papar YouTube @baebaexo.

"Seneng banget ...simple dan praktis," ujar YouTube @rosmalarahmat7684.

"Sangat bermanfaat guys nanti saya coba .sehat dan sukses selalu guys," ungkap YouTube @catlovers2696.

"Alhamdulillah berhasil,tadi udah coba bikin," sahut YouTube @ninanayla6786.