Brilio.net - Lalat buah termasuk hama yang sering menjadi momok bagi petani dan pencinta buah-buahan. Serangga kecil ini dikenal karena kemampuannya merusak berbagai jenis buah dan sayuran, baik di kebun maupun di dapur. Dengan ukuran tubuh yang kecil, lalat buah mudah masuk ke dalam buah dan bertelur di sana. Hal ini dapat menyebabkan buah membusuk dari dalam.

Keberadaan lalat buah seringkali sulit dideteksi sampai buah tersebut sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Lalat buah biasanya tertarik pada buah yang sudah matang yang dibiarkan di atas meja. Nah, dalam hitungan hari, buah tersebut bisa busuk dan nggak layak konsumsi.

Untuk mencegah serangan lalat buah, berbagai metode pengendalian bisa diterapkan. Kamu bisa melakukan trik yang dibagikan pengguna Instagram @priya_dwarke melalui salah satu video yang diunggah. Dia mengaku hanya mengandalkan satu bahan dapur untuk membasmi lalat buat.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @priya_dwarke pada Selasa (13/8), bahan dapur yang dimaksud adalah cuka apel. Nah, cuka apel ini nantinya akan digunakan sebagai umpan yang bisa menjebak lalat buah. Namun sebelum itu, kamu harus menyiapkan buah yang hendak diletakkan di atas meja.

foto: Instagram/@priya_dwarke

Lebih jelasnya, buah yang baru dibeli harus langsung dicuci bersih terlebih dahulu. Selanjutnya, rebus air yang sudah dicampur cuka. Jika sudah tuang air cuka ini ke saluran wastafel untuk menghilangkan bau tak sedap yang bisa membuat lalat tertarik masuk ke dalam rumah.

foto: Instagram/@priya_dwarke

Selanjutnya, siapkan gelas dan isi dengan cuka apel secukupnya. Jika sudah, tutup bagian atas gelas menggunakan plastik wrap. Kemudian beri lubang di bagian atas menggunakan tusuk gigi atau pisau. Cukup buat lubang kecil dan agar banyak yang dapat membuat lalap buah masuk ke dalamnya.

foto: Instagram/@priya_dwarke

Setelah itu, letakkan gelas berisi cuka apel ini di samping buah yang diletakkan di atas meja. Nah, cuka apel disukai oleh lalat buah karena aroma dan rasa manisnya yang sangat menarik bagi serangga tersebut. Cuka apel mengandung gula dan asam asetat, yang menciptakan kombinasi aroma fermentasi yang mirip dengan buah-buahan matang atau busuk.

Saat lalat buah masuk ke dalam gelas berisi cuka apel, maka serangga tersebut akan langsung terperangkap karena jatuh ke dalam air. Sayapnya yang basah membuat lalat sulit bergerak. Di sisi lain, plastik wrap juga menghalangi lalat buah untuk terbang lagi.

foto: Instagram/@priya_dwarke

Dalam video tersebut, pengguna Instagram @priya_dwarke menunjukkan perangkap lalat buah yang sudah digunakan. Siapa sangka, gelas berisi cuka apel tersebut sudah dipenuhi lalat buah. Hal ini menandakan bahwa perangkat tersebut sangat ampuh untuk membasmi lalat buah di rumah.

Selain membuat perangkap, kamu bisa melakukan langkah pencegahan untuk mengatasi adanya lalat buat di dapur rumah. Salah satu caranya adalah dengan menjaga kebersihan dapur dan area penyimpanan makanan. Menyingkirkan buah-buahan yang sudah terlalu matang, menyimpan makanan dalam wadah tertutup, dan segera membersihkan tumpahan cairan manis adalah langkah-langkah sederhana namun efektif.