Brilio.net - Pantat wajan yang rutin digunakan untuk masak lama-kelamaan bisa berubah jadi hitam. Pasalnya, pantat wajan sering terpapar api yang bisa menimbulkan kerak gosong. Jika kerak tersebut sudah sangat tebal, pastinya akan sulit dihilangkan.

Tak jarang orang-orang membutuhkan waktu berjam-jam untuk mengembalikan pantat wajan gosong jadi kinclong lagi. Biasanya, pantat wajan harus diberi baking soda dan suka terlebih dahulu, baru digosok pakai spons atau alat pembersih lainnya.

Di sisi lain, ada pula yang mengandalkan bahan pembersih khusus noda kerak pada wajan yang banyak dijual di supermarket ataupun e-commerce. Namun, harga bahan pembersih khusus ini sudah pasti relatif tinggi. Nah, biar tetap ekonomis, ikuti trik basmi kerak gosong di pantat wajan dari pengguna kanal YouTube Yanz Tehnik saja, yuk.

Warganet satu ini menjelaskan, ia cuma butuh satu bahan sederhana bermodalkan Rp3.000-an untuk menyulap pantat wajan hitam jadi bersih lagi. Selain modalnya murah, trik bersihkan kerak di pantat wajan ini juga nggak memakan waktu lama, yakni cuma 6 menit.

Yang pertama harus disiapkan yaitu wadah berisi air bersih. Kemudian, larutkan beberapa sendok sitrun atau citric acid ke dalam air tersebut. Yup, sitrun menjadi bahan utama bermodal Rp3.000-an untuk mempraktikkan trik ini.

Sitrun atau citric acid ini bisa kamu beli di toko kelontong terdekat dari tempat tinggalmu ataupun e-commerce. Nah, usai sitrun masuk ke dalam wadah berisi air, aduk rata dan siramkan larutan sitrun tersebut ke pantat wajan.

foto: YouTube/Yanz Tehnik

Diamkan beberapa detik sampai larutan sitrun meresap ke sela-sela kerak gosong di pantat wajan. Selanjutnya, gosok pantat wajan dengan sabut kawat. Pemilik kanal YouTube Yanz Tehnik mengatakan, proses menggosok pantat wajan ini butuh waktu kurang lebih selama 6 menit hingga hasilnya bersih.

Terakhir, jika semua kerak gosong sudah hilang, baru bersihkan seluruh bagian wajan dengan sabun cuci piring sampai kesat. Kalau sudah, bilas dengan air bersih, keringkan, dan wajan pun siap digunakan kembali.

foto: YouTube/Yanz Tehnik