Memperbaiki kursi plastik patah pakai bahan dapur.

Lebih lanjut, bapak-bapak pengguna akun YouTube SALDAMedia pernah membeberkan trik dan bahan yang dipakai untuk mengatasi kursi plastik yang patah. Dia mengaku menggunakan dua bahan sederhana, yang salah satunya berasal dari dapur. Dilansir BrilioFood dari YouTube SALDAMedia pada Jumat (17/5), bahan dapur yang dimaksud adalah baking soda atau soda kue. Nah, untuk satu bahan lain, dia menggunakan lem tetes atau cair.

foto: YouTube/SALDAMedia

Cara pakainya pun cukup mudah. Pertama-tama, teteskan lem pada bagian kursi yang patah. Setelah itu, tempelkan kedua bagian yang patah dan tahan beberapa detik sampai lemnya merekat. Jika sudah, teteskan lem lagi dan taburkan baking soda secara merata ke seluruh bagian yang patah.

"Nah, baking soda ini fungsinya sebagai penguat, seperti halnya tukang bangunan itu kan ngaduk semen sama pasir. Semennya sebagai perekat, pasirnya penguat. Nah, baking soda fungsinya sama dengan pasir, untuk memperkuat," terang YouTube SALDAMedia.

foto: YouTube/SALDAMedia

Setelah ditaburi dengan baking soda, tetesi bagian yang patah tadi menggunakan lem. Ulangi pemberian baking soda dan lem ini beberapa kali sampai menutupi celah yang patah di kursi. Nah, proses ini juga akan membuat permukaan kursi yang patah jadi tebal.

Lantas untuk mendapatkan hasil yang lebih kokoh, lakukan proses tadi (pemberian lem dan baking soda) di sisi kursi yang berlawanan. Jadi, jika di awal bagian yang patah dilem bagian luarnya, kali ini lem juga dari bagian dalam. Hal tersebut akan membuat kursi kembali utuh dan kokoh ketika lem sudah mengering.

"Saat sudah kering, ini tersambung dengan baik," jelasnya lebih lanjut.

foto: YouTube/SALDAMedia

Unggahan tentang trik perbaiki kursi plastik ini sontak menuai perhatian warganet. Bahkan menilik kolom komentar, ada sejumlah pengguna YouTube lain yang turut memberikan tanggapan secara langsung. Sejumlah warganet ini mengaku berterima kasih karena mendapat ilmu baru yang bermanfaat.

"br tau kak kegunaan baking soda trnyta bermanfaat bgt utk ngelem jg y kak mksh kak infony brmnfaat," komentar akun YouTube @Bunwazstory.

"Terimakasih pengetahuan nya om," kata YouTube @alfiansyahchannel.

"terima kasih mas sudah berbagi pengalaman nya," tulis akun @masrohimofficial2186.

 


Manfaat baking soda untuk kesehatan.

Baking soda memang dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah sembilan manfaatnya:

1. Mengurangi gejala sakit maag.

Baking soda bisa membantu menetralkan kelebihan asam di perut, sehingga dapat membantu meredakan gejala sakit maag seperti perut kembung, mulas, dan ketidaknyamanan pada lambung.

2. Mengurangi gigitan serangga.

Baking soda dapat digunakan untuk meredakan gatal dan peradangan akibat gigitan serangga seperti nyamuk atau lebah. Campurkan baking soda dengan sedikit air untuk membuat pasta, lalu oleskan pada area yang terkena gigitan.

3. Mengurangi ketombe.

Baking soda dapat membantu mengurangi ketombe dan mengontrol produksi minyak di kulit kepala. Campurkan sedikit baking soda dengan sampo Anda saat mencuci rambut.

4. Membantu menghilangkan bau kaki.

Rendam kaki dalam air hangat yang dicampur dengan baking soda dapat membantu mengurangi bau kaki yang tidak sedap.

5. Mengobati sengatan matahari.

Baking soda dapat memberikan efek menyejukkan pada kulit yang terbakar akibat sengatan matahari. Tambahkan baking soda ke dalam air mandi atau buat pasta dengan air untuk dioleskan pada kulit yang terbakar.

6. Membantu meredakan gatal pada kulit.

Baking soda memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang dapat membantu meredakan gatal pada kulit. Larutkan baking soda dalam air dan gunakan sebagai obat kumur atau oleskan langsung pada area kulit yang gatal.

7. Menyegarkan napas.

Baking soda bisa digunakan sebagai obat kumur alami yang membantu menyegarkan napas dan mengurangi bau mulut yang tidak sedap.

8. Mengurangi pembengkakan pada gusi.

Baking soda dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan pada gusi. Campurkan baking soda dengan sedikit air dan gunakan sebagai obat kumur atau oleskan langsung pada area yang bengkak.

9. Mengatasi radang tenggorokan.

Berkumur dengan larutan baking soda dapat membantu meredakan radang tenggorokan dan mengurangi rasa sakit serta pembengkakan.

Meskipun baking soda memiliki banyak manfaat, tetap penting untuk menggunakan dengan bijak dan sesuai dengan petunjuk penggunaannya. Jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu, konsultasikan penggunaan baking soda dengan dokter terlebih dahulu.