Brilio.net - Tahu putih adalah bahan makanan yang kaya nutrisi dan terbuat dari kacang kedelai. Menurut greatist.com, mengonsumsi tahu putih dapat menjaga kesehatan tulang, jantung, dan kulit, serta mendukung sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang virus dan bakteri.

Karena banyak manfaatnya, tahu putih sering dipilih sebagai menu sehari-hari. Tahu ini mudah diolah menjadi berbagai masakan, seperti tahu goreng, tumis tahu, sop tahu, atau camilan seperti tahu bakso dan tahu krispi.

Tahu putih mudah ditemukan di pasar tradisional, toko kelontong, atau dari tukang sayur. Biasanya, tahu dijual dalam wadah atau plastik berisi air untuk menjaga agar tetap awet dan tidak basi.

Namun, terkadang tahu yang dibeli tidak sesuai harapan. Tahu bisa memiliki tekstur yang terlalu lunak dan berair, sehingga mudah hancur saat dimasak.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebagian orang biasanya akan mengolah tahu ini terlebih dahulu. Cara pengolahannya, tahu akan dikukus dalam panci atau dandang selama beberapa menit. Usut punya usut, proses pengukusan ini bisa membuat tekstur tahu semakin padat dan bahkan kenyal secara alami.

Tapi selain dikukus, sebenarnya ada metode yang nggak kalah efektif, lho. Metode ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube bernama Fitrotul Azizah. Melalui salah satu video YouTube Short yang diunggah, dia mengaku menggunakan trik yang lebih sederhana untuk mengolah tahu putih agar semakin padat.

Dilansir BrilioFood pada Sabtu (26/10), hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan tahu yang hendak diolah. Dalam video tersebut, dia mengaku menggunakan satu bungkus plastik tahu putih. Saat baru dibuka, tahu putih ini tampak begitu rentan dan mudah hancur.

foto: YouTube/Fitrotul Azizah

Selanjutnya, keluarkan tahu dari plastik dan cuci dulu secara perlahan sampai bersih. Caranya, cukup dengan meletakkan tahu dalam baskom, lalu isi air. Aduk-aduk sebentar dan buang airnya. Lalu isi lagi dengan air dan ulangi proses mencuci tersebut sampai airnya bening.

foto: YouTube/Fitrotul Azizah

Setelah itu, masukkan tahu ke dalam panci. Lalu tuang air sampai tahu terendam sempurna. Jika sudah, tutup panci dan pindahkan ke atas kompor. Kemudian rebus tahu sampai airnya mendidih.

foto: YouTube/Fitrotul Azizah

Ketika air sudah mendidih, matikan api kompor. Tapi jangan langsung buka tutup pancinya, ya. Diamkan dulu sampai suhu air jadi dingin. Menurut Fitrotul Azizah, pada tahap inilah tahu akan memadat dan jadi lebih kenyal.

Jika sudah didiamkan sampai dingin, buka tutup panci dan tiriskan tahu. Nah, tahu ini pun siap dimasak untuk berbagai macam menu lezat. Karena tahunya sudah direbus terlebih dahulu, maka teksturnya semakin padat dan tak mudah hancur saat diolah.