Brilio.net - Salah satu cara menjaga kebersihan rumah adalah dengan membersihkan lantai secara rutin. Tak hanya disapu, lantai juga perlu dipel setiap hari untuk menjaga kebersihannya. Mengepel lantai akan membantu menghilangkan noda membandel yang menempel seperti debu halus atau bahkan bekas tumpahan makanan.

Sayangnya, meskipun dipel setiap hari, terkadang lantai masih terasa licin atau bahkan bau amis. Hal ini memang bisa terjadi ketika kain pel yang digunakan cenderung kotor. Alhasil, noda yang ada di kain pel justru berpindah ke lantai dan membuatnya jadi nggak bersih.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa meniru sebuah trik yang dibagikan oleh pengguna Instagram @ulfah.rahmawati. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku punya trik agar lantai selalu kesat tahan lama dan antiamis saat dipel. Usut punya usut, trik yang dilakukan adalah dengan mencuci kain pel secara rutin dengan bahan-bahan dapur.

foto: Instagram/@ulfah.rahmawati

Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @ulfah.rahmawati pada Jumat (21/6), bahan dapur yang dimaksud adalah garam, soda kue, dan sabun cuci piring. Nah, ketiga bahan ini nantinya akan dicampur dan digunakan untuk mencuci kain pel. Nantinya kain pel jadi lebih bersih dan wangi karena kotoran yang terperangkap benar-benar luruh.

Untuk cara pakainya lebih jelas, siapkan ember terlebih dahulu. Setelah itu, masukkan kain pelnya. Jika sudah, masukkan 1 sdm garam, 2 sdm soda kue, dan 1 sdm sabun cuci piring. Selanjutnya, tuang air panas sampai kain pel terendam dan aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata.

foto: Instagram/@ulfah.rahmawati

Setelah itu, diamkan dan rendam kain pel selama kurang lebih 1 jam. Proses ini akan membantu merontokkan seluruh noda dan kotoran yang ada di kain pel. Jika perlu, kamu bisa menggosok kain pel dengan sikat setelah direndam agar semakin kinclong dan wangi.

foto: Instagram/@ulfah.rahmawati

Langkah terakhir, jangan lupa bilas kain pel sampai tidak ada sisa sabun atau bahan pembersih lain. Barulah kemudian jemur sampai kering. Jika kain pel sudah bersih seperti, kamu bisa menggunakannya untuk mengepel lantai dan hasilnya pun maksimal. Lantai jadi bersih, kesat tahan lama, dan tentunya nggak bau amis atau apek.

foto: Instagram/@ulfah.rahmawati

Video yang diunggah pengguna Instagram @ulfah.rahmawati ini telah ditonton lebih dari 27 ribu kali sejak diunggah pada 10 Juni lali. Siapa sangka, banyak pengguna Instagram lain yang mengaku baru tahu trik tersebut. Di sisi lain, ada juga warganet yang turut memberikan saran lain untuk menjaga lantai selalu kesat dan wangi.

"Waah baru tau makasih mam," sahut Instagram @widya_ocha.

"Kain pel nya jadi ga bau apek, suka sebel kadang abis di pel malah bau. Tp setelah tau hack ini, kain pel setelah di deep clean jdi keset dilantai dan kinclongnya tahan lama," kata Instagram @menggizaswanti.

"Baru tau aku bun, makasih infonya," tulis akun Instagram @witaicha23.

"Aku juga sama pake cara ini," komentar akun Instagram @fanidyalvz.

"Aku pake pemutih dan sunlight.. secara pemutih desinfectan jg..terus kai pel nya kinclong jg gak item2 putih terusss," papar Instagram @vicluzk.