Brilio.net - Apakah kamu pernah makan masakan olahan daging, akan tetapi teksturnya alot atau bahkan cenderung keras? Bisa jadi semua itu dikarenakan salah dalam pengolahannya sebelum akhirnya dimasak. Ya, memasak daging bisa dibilang susah-susah gampang. Tapi kalau kamu tau triknya, semua jadi lebih mudah.

Agar daging mencapai tekstur yang empuk, diperlukan proses perebusan yang cukup lama, bahkan berjam-jam. Supaya lebih hemat gas, tak sedikit orang menyiasatinya dengan bantuan buah nanas. Memarinasi daging dengan parutan nanas dipercaya ampuh untuk mengempukan daging. Cukup balurkan parutan nanas pada daging dan tunggu 30 menit, baru kemudian dibilas.

Namun ternyata ada cara lain yang tak kalah ampuh, lho. Trik agar daging sapi cepat empuk ini hanya membutuhkan waktu 15 menit, sehingga proses masak jadi lebih praktis dan sat set.

Kamu bisa meniru trik yang dibagikan pengguna YouTube @Mrs Kori, dia tak menggunakan nanas dan hanya mengandalkan 1 bahan dapur. Dilansir BrilioFood dari YouTube @Mrs Kori, pada Kamis (6/3) dia hanya menggunakan 1 bahan dapur berupa baking soda.

daging sapi empuk dalam 15 menit
© 2024 YouTube/@Mrs Kori

Dalam video itu, dia menggunakan 250 gram daging sapi yang disimpan dalam wadah. Lebih lanjut caranya, pertama siapkan mangkuk. Masukkan 1/2 sendok teh baking powder ke dalam mangkuk, lalu tambahkan air secukupnya (kira-kira sampai daging terendam semua).

daging sapi empuk dalam 15 menit
© 2024 YouTube/@Mrs Kori

Selanjutnya aduk-aduk hingga baking powder larut dan tercampur rata. Kemudian tuang ke daging yang akan diolah. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu daging bisa diambil dan dibilas dengan air bersih. Daging pun siap untuk diolah menjadi menu sesuai selera.

daging sapi empuk dalam 15 menit
© 2024 YouTube/@Mrs Kori

Ditonton lebih dari 132 ribu kali, trik bikin daging sapi empuk dalam 15 menit, ini mendapat perhatian warganet. Tak sedikit warganet pun kemudian meninggalkan beragam komentar di postingan @Mrs Kori. Salah satunya testimoni telah mencoba trik ini.

"Saya udah buktikan ternyata iya cepat empuknya," tulis @IhahKusmayati-is2ru

"Tips yang sangat bermanfaat sekali," kata akun @DapurAyahRaja

"Rendam pake sprite juga mujarab kalo mau buat daging empuk dan berasa,rendam 15 menit atau 30 menit daging jadi empuk banget," komentar akun @Strongmanintheearth

Cara menyimpan daging agar tetap awet tanpa disimpan dalam kulkas.

Menjaga bahan makanan agar bisa disimpan lebih lama adalah hal umum yang harus diketahui banyak orang. Beruntungnya di zaman sekarang ada teknologi seperti kulkas dan freezer, untuk menyimpan makanan yang mudah basi seperti daging, dengan bantuan suhu dingin.

Walau begitu sebetulnya bahan makanan seperti daging masih bisa bertahan lama meski tanpa disimpan dalam kulkas, lho. Selain disimpan dalam suhu ruang, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu tiru menyimpan daging tanpa kulkas.

1. Mengawetkan dengan garam.

Pengawetan makan degnan menggunakan garam merupakan metode klasik. Cukup taburi garam ke permukaan daging, fungsinya untuk mengontrol kelembapan dan mencegah pertumbuhan mikroorganisme.

2. Diasapi.

Kamu pasti pernah merasakan daging asap, bukan? Proses pengawetan makanan dengan diasapi ini banyak digunakan di daerah yang cuacanya lembap, seperti pegunungan. Pengasapan dilakukan dengan menempatkan daging sapi dalam keadaan tertutup sehingga asap dapat menembus makanan.

3. Drying atau dikeringkan.

Mengeringkan makanan adalah cara yang mudah untuk mengawetkan daging. Seperti namanya, drying menghilangkan kelembapan daging tanpa mempengaruhi nilai gizi makanan. Selain itu, karena bakteri dan jamur memerlukan air untuk tumbuh, mikroorganisme tidak dapat lagi menyebar dalam makanan yang cukup kering, sehingga makanan tidak rusak dan umur simpannya lebih lama.

4. Metode confit.

Metode ini berasal dari Prancis, di mana dagingnya dimasak perlahan dan direndam dalam lemaknya. Selain mengawetkan makanan, juga mempertahankan rasa dan tekstur daging. Selain membuat makanan lebih lezat, kamu bisa menambahkan berbagai macam bumbu tergantung potongan daging yang akan digunakan.

5. Pengasinan.

Pengasinan tidak cuma mudah dibuat tpai juga bermanfaat dalam mengawetkan makanan. Metode ini bisa menghentikan pertumbuhan bakteri sekaligus meningkatkan rasa makanan. Caranya rendam daging dalam campuran air, gula, dan garam. Selain air, bisa juga memakai jus apel.