Brilio.net - Yogurt sering dijadikan pilihan makanan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Ada banyak manfaat dari olahan susu fermentasi satu ini, mulai dari melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, meningkatkan imunitas, dan masih banyak lagi.

Ada banyak olahan susu fermentasi dari yogurt yang dijual di pasaran, contohnya yogurt, greek yogurt, dan greek yogurt style. Ketiga jenis yogurt tersebut memang kelihatannya sama, padahal berbeda, lho. Hal ini juga dijelaskan oleh pengguna akun Instagram @filipusadc.

foto: Instagram/@filipusadc

Pria akrab disapa Filip ini merupakan kreator konten yang sempat kuliah di jurusan Kimia. Filip mengaku tengah menerapkan pola hidup sehat, sehingga ia sekaligus ingin membagikan video tentang ilmu seputar membedakan jenis-jenis yogurt.

"Kalau kamu kira semua produk yogurt itu sama, kamu perlu tonton video ini sampai habis," tuturnya, dikutip BrilioFood dari Instagram @filipusadc pada Senin (12/8).

Lantas, penasaran apa bedanya yogurt, greek yogurt, dan greek yogurt style?

foto: Instagram/@filipusadc

Yogurt diketahui memiliki kadar probiotik lebih tinggi dan lemak lebih rendah dibanding variasi lainnya. Dilansir dari artikel terbitan The American Journal of Clinical Nutrition, yogurt dapat dikonsumsi untuk mengatasi sembelit, karena probiotiknya bisa bantu tingkatkan pergerakan usus.

Tak sampai situ, kandungan probiotik yang tinggi dan lemak yang rendah pada yogurt juga cocok dikonsumsi orang-orang dengan kadar kolesterol tubuh tinggi. Yogurt dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Namun, yogurt biasanya mengandung gula cukup tinggi, bahkan kadar gulanya bisa mencapai 14 gram per takaran saji. Sehingga, orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti obesitas, diabetes, dan lainnya lebih baik tak mengonsumsi yogurt secara berlebihan.

foto: Instagram/@filipusadc

Selanjutnya, ada greek yogurt yang biasanya punya kandungan protein lebih tinggi dan gula lebih rendah dibanding jenis yogurt lain. Pemilik akun Instagram @filipusadc menjelaskan, greek yogurt punya tekstur lebih kental dibanding yogurt, tetapi kadar lemaknya lebih tinggi.

Dilansir dari healthline.com, kalau kamu tengah berupaya meningkatkan konsumsi protein buat dukung program olahraga seperti angkat beban dan lain sebagainya, greek yogurt ini cocok untukmu. Di sisi lain, anak-anak yang berada di masa pertumbuhan juga dianjurkan mengonsumsi yogurt satu ini.

foto: Instagram/@filipusadc

Nah, selain greek yogurt, kamu perlu tahu kalau ada pula jenis greek yogurt style, lho. Yup, keterangan 'style' pada kemasan produk yogurt satu ini terkadang ditulis dalam ukuran kecil, sehingga kamu harus lebih teliti saat membelinya di pasaran.

Greek yogurt dan greek yogurt style berbeda. Pemilik akun Instagram @filipusadc menjelaskan, greek yogurt style hampir sama dengan yogurt tradisional, tetapi proses pembuatannya ditambah dengan bahan tambahan pangan seperti pengental agar teksturnya mirip dengan greek yogurt.

Bahan pengental tersebut ada yang berasal dari krim, gelatin, campuran bahan permen karet, bahan stabilizer, bahan pengawet, sampai padatan susu. Dilansir dari mywellbeingjournal.com, greek yogurt style ini terkadang kurang cocok dikonsumsi orang-orang yang punya kondisi lactose intolerance (intoleransi laktosa).

Nah, mulai sekarang, sudah nggak bingung lagi kan membedakan yogurt, greek yogurt, serta greek yogurt style? Mengintip kolom komentar video milik Instagram @filipusadc, tak sedikit warganet meninggalkan aneka respons menarik seputar yogurt, lho.

"bagus mana dong buat diet," tanya Instagram @gaslasyne dan mendapat jawaban dari Filip, "semua ada kelebihan dan kekurangan masing2! Kalau kamu butuh yang tinggi protein rendah gula, pilih greek yogurt! Kalau rendah lemak, pilih yogurt traditional."

"Greek original yogurt kesukaanku ,,, biasanya saya suka tambahin dgn buah2an segar," tutur Instagram @k_risti_ehobby.

"bagus yg style atau greek kalo buat anak²," imbuh Instagram @venytia_vey, lalu dijawab, "prefer yang greek aja! Tinggi protein, rendak gula :)."