Brilio.net - Tempe goreng menjadi salah satu olahan tempe paling lezat dan praktis. Bukan tanpa sebab, tempe yang dimarinasi dengan garam bisa terasa gurih saat digoreng. Namun banyak orang yang kemudian mengkreasikan bumbu marinasi, bahkan ada juga yang menggunakan adonan tepung untuk meningkatkan kerenyahan tempe.

Adonan tepung tempe goreng umumnya terbuat dari bahan dasar tepung terigu. Biasanya tepung terigu ini akan dicampur dengan bumbu lain seperti bawang putih bubuk, ketumbar, garam, dan merica. Campuran bahan ini bisa membuat tempe goreng lebih renyah sekaligus gurih rasanya.

Sayangnya, dalam beberapa kasus, tempe goreng yang diberi adonan tepung terigu cenderung mudah lembek saat sudah dingin. Tak hanya itu, tekstur tempe juga jadi berminyak jika takaran tepungnya tidak pas. Alhasil, butuh trik khusus untuk menggoreng tempenya agar bisa renyah.

Namun alih-alih menggunakan teknik khusus seperti itu, kamu bisa meniru resep yang dibagikan pengguna Instagram @nanakitchen_92 dalam membuat tempe goreng. Bukan dengan tepung terigu, dia memilih menggunakan satu bumbu dasar seperti garam, ketumbar, dan bawang putih. Tapi ada satu bahan tambahan yang menjadi kunci penting agar tekstur tempe lebih garing.

Cara bikin tempe goreng super renyah.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @nanakitchen_92, Minggu (7/7), bahan dapur yang ditambahkan adalah tepung maizena. Nah, jenis tepung ini penting ditambahkan agar tekstur tempe goreng lebih krispi dan tak berminyak. Namun takarannya yang digunakan tak perlu terlalu banyak agar tempe tak lengket satu sama lain saat digoreng.

foto: Instagram/@nanakitchen_92

Untuk proses lebih jelas, siapkan tempe dan potong-potong terlebih dahulu. Pastikan ukurannya tidak terlalu tipis atau lebar, ya. Setelah itu, campur ketumbar bubuk, bawang putih bubuk, dan garam dalam satu wadah. Jangan lupa tambahkan juga sekitar 1 sdt tepung maizena.

Selanjutnya, tuang air secukupnya dan aduk sampai semua bahan larut. Barulah kemudian masukkan setiap iris tempe ke dalam mangkuk. Bolak-balik tempe dan diamkan beberapa menit agar bumbunya meresap.

foto: Instagram/@nanakitchen_92

Jika sudah, goreng satu per satu tempe di dalam minyak banyak yang sudah dipanaskan. Diamkan sampai satu sisinya kekuningan, barulah kemudian balik tempe. Lalu goreng sampai benar-benar garing dan matang sempurna.

foto: Instagram/@nanakitchen_92

Setelah matang, langsung tiriskan tempenya. Dengan adonan tersebut, tempe yang sudah digoreng jadi lebih krispi dan tak berminyak, lho. Selain itu, bumbunya juga lebih mudah meresap dan bikin rasanya gurih maksimal.

Sejak diunggah pada 19 Juni lalu, video tentang trik bikin tempe goreng ini telah ditonton lebih dari 11 ribu kali. Siapa sangka, banyak pengguna Instagram lain yang tertarik dan turut memberikan tanggapan. Sebagian besar warganet ini mengaku hendak mencobanya secara langsung.

"Pasti enak nih wangi," papar Instagram @ketutarsini.

"Enak banget apalagi baru diangkat," sahut Instagram @situkangmakan.

"Pas panas enak nya," tulis akun Instagram @dapurcitra1185.