Brilio.net - Orang-orang yang doyan kulineran biasanya doyan makan terong. Bahan makanan satu ini dapat dimasak jadi berbagai kreasi masakan, salah satunya gorengan. Gorengan terong cocok dimakan baik sebagai pendamping nasi ataupun camilan.

Umumnya, banyak orang senang membuat terong goreng yang diselimuti tepung, sehingga teksturnya krispi. Namun, tak sedikit yang masih gagal membuatnya, sehingga tekstur renyah pada adonan terong hanya bertahan sebentar saja.

Biar renyahnya bisa tahan lama, ada satu trik yang kerap seliweran di media sosial, yakni menambahkan tepung beras pada adonannya. Tetapi, kalau kamu nggak punya stok tepung beras di rumah, jangan bingung dulu karena masih ada trik lain yang nggak kalah ampuh dari pengguna akun YouTube Delmia cooking.

Warganet akrab disapa Delmia ini menjelaskan, olahan terong goreng tepung ini bisa bikin teksturnya renyah dan keriting layaknya ayam KFC, lho. Usut punya usut, trik ini cuma mengandalkan satu bahan dapur.

Bahan yang diperlukan dan langkah membuat terong krispi tahan lama.

Sebelum masuk ke triknya, rendam dulu potongan terong di dalam air garam. Proses ini akan membantu terong tetap segar dan tak berubah jadi kecokelatan. Selanjutnya, tiriskan terong dan campurkan dengan bumbu. Pemilik akun YouTube Delmia cooking mengatakan, ia memarinasi terongnya dengan bumbu seperti garam dan kaldu ayam bubuk.

"Biar harum, kita tambahkan bawang putih parut atau halus," timpal pemilik akun YouTube Delmia cooking, dikutip BrilioFood pada Rabu (26/6).

foto: YouTube/Delmia cooking

Selagi menunggu terong dimarinasi, siapkan wadah untuk meracik adonannya. Lalu, masukkan tepung terigu serbaguna atau tepung bumbu, kaldu ayam bubuk, garam, dan lada. Nah, ini dia kuncinya agar adonan bisa super renyah, kamu wajib menambahkan sedikit baking soda.

Aduk hingga semua bahan tercampur rata, lalu bagi adonan jadi dua bagian. Salah satunya bisa dilarutkan dengan air untuk jadi adonan basah. Jika sudah, adonan siap dijadikan baluran terong.

Masukkan potongan terong ke dalam tepung kering terlebih dahulu, baru celupkan ke terong basah. Terakhir, masukkan lagi terongnya ke tepung kering. Tiga langkah penepungan terong ini akan membantu tekstur adonan bisa keriting.

foto: YouTube/Delmia cooking

Siapkan minyak agak banyak di dalam wajan dan panaskan menggunakan api sedang. Saat minyak sudah benar-benar panas, langsung goreng terong di dalamnya hingga renyah dan kecokelatan.

foto: YouTube/Delmia cooking

Gimana, hasilnya jadi krispi banget, kan? Mengintip unggahan YouTube Delmia cooking yang sudah ditonton 32 ribu kali, tak sedikit warganet antusias mencoba trik ini, lho. Di sisi lain, ada pula yang melemparkan sejumlah pertanyaan seputar trik masak satu ini.

"Enak banget nih terong krispi kl ga pake soda kue enak ga bun," tanya YouTube @user-lm6yn2or7u dan mendapat balasan dari pemilik video, "Enak aja ka cuma krispi nya kurang taahanlama kka."

"KL udh dingin terongnya lembek,melempem. KL titip dikantin kn seharian k," tutur YouTube @GopurGopur-of1dr, lalu dijawab, "Klo tepungnya tidak kk, memang klo terongnya lembbut tidak krispi, jd luarnya saja, ini cocoknya di jual di grobakan ka atau d jual di rumah."