Sebelum membuat adonan tepung, pastikan usus yang akan diolah sudah dicuci bersih dan dipotong-potong terlebih dahulu. Lalu, campurkan usus dengan bumbu halus dari bawang putih, kunyit, serta ketumbar. Tambahkan pula garam, kaldu bubuk, juga lada biar rasanya semakin nikmat, lalu aduk rata. Sisihkan dulu usus yang sudah dibumbui tersebut.

foto: YouTube/Arfiani Yanuar

Selanjutnya, racik bahan baluran tepung. Untuk 250 gram usus, kamu bisa menggunakan 20 sdm tepung terigu. Kemudian, tambahkan bahan yang jadi kunci tekstur usus goreng renyah tahan lama, yaitu 2 sdm tepung maizena. Lalu, kamu juga bisa memberi bumbu ke bahan tepung ini pakai kaldu bubuk dan lada supaya rasanya gurih.

Setelah racikan tepung diaduk rata, langsung masukkan usus yang sudah dibumbui ke dalamnya. Aduk-aduk menggunakan tangan supaya tepungnya menempel sempurna ke seluruh permukaan usus. Lalu, angkat dan ayak tepung secara perlahan supaya tepung yang menempel di usus tidak berlebihan dan bikin teksturnya keras.

"Aduk menggunakan tangan dan diremas-remas biar hasilnya keriting dan super krispi sesudah digoreng," imbuh pemilik akun YouTube Arfiani Yanuar, dikutip BrilioFood pada Jumat (27/10).

foto: YouTube/Arfiani Yanuar

Terakhir, goreng usus yang sudah dibaluri tepung ke dalam wajan berisi minyak panas. Pastikan api kompor yang kamu gunakan tidak terlalu kecil maupun besar, sehingga usus bisa matang sempurna. Jangan lupa dibolak-balik kalau warna usus sudah mulai kecokelatan. Kemudian, saat teksturnya sudah benar-benar renyah, angkat dan tiriskan.

foto: YouTube/Arfiani Yanuar

Gimana, gampang kan trik bikin usus goreng satu ini? Mengintip kolom komentar di video milik YouTube Arfiani Yanuar yang sudah ditonton 1 juta kali, tak sedikit warganet yang berhasil meniru trik membuat usus goreng agar awet renyah ini di rumah, lho. Kalau kamu, tertarik mencobanya juga, nggak?

INFOGRAFIS TRIK GORENG USUS AGAR AWET RENYAH, TANPA TEPUNG BERAS DAN BAKING SODA
© 2023 brilio.net/Rakha Kharista

"Alhamdulillah nyoba resep ini berhasil, anak saya doyan bgt. Trimakasi bun resepnya, smoga dilancarkan rezekinya," kata YouTube @ernaagus9626.

"Udh dicoba hasilnya enak bgt kak, gurih asinnya pas, kriuk juga terimakasih kak resepnya ," tulis YouTube @ditaardita9713.

"Thank u kak, udah coba dan berhasil. Jadinya crispy bangettt," imbuh YouTube @fitadwi8292.