Untuk meminimalisir hal itu terjadi, kamu bisa meniru apa yang dilakukan oleh pengguna YouTube LUKMAN KULINER. Di salah satu videonya, warganet satu ini menunjukkan tutorial bagaimana cara menggoreng empik yang benar. Dengan cara ini, emping yang dihasilkan pun akan gurih, renyah, dan tetap lurus.

Dilansir BrilioFood dari YouTube LUKMAN KULINER pada Jumat (14/4), siapkan terlebih dahulu emping mentah yang akan digoreng dan juga minyak goreng. Dalam video tersebut, Lukman menggunakan 250 gr emping melinjo dan 1 liter minyak goreng dalam kondisi baru.

foto: YouTube/LUKMAN KULINER

Panaskan terlebih dahulu minyak goreng dengan api kompor kecil. Minyak goreng yang sudah panas biasanya ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung kecil di permukaannya.

Jika minyak goreng sudah panas, masukkan satu per satu emping melinjo. Saat dimasukkan, langsung tahan emping dengan spatula.

"Goreng tahan dalam keadaan tenggelam sampai mekar sempurna, bolak-balik hingga merata," ucapnya.

foto: YouTube/LUKMAN KULINER

Setelah kedua sisi emping berwarna kuning kecokelatan, langsung angkat dan tiriskan emping dengan saringan. Lakukan proses yang sama hingga semua emping mentah habis. Emping yang dihasilkan pun tampak cantik, karena bentuknya lurus dan tidak bergelombang.

foto: YouTube/LUKMAN KULINER

Apabila kandungan minyaknya sudah turun semua, pindahkan emping ke dalam wadah kedap udara. Jangan lupa tambahkan garam ke dalamnya agar rasa emping menjadi tak hambar.

"Bisa ditaburkan garam agar emping terasa lebih enak, jangan lupa tutup rapat biar emping tidak cepat melempem," ucapnya.

foto: YouTube/LUKMAN KULINER

Video berdurasi 8 menit 26 detik ini pun sontak menyita perhatian warganet. Hal ini dibuktikan video ini sudah ditonton sebanyak 3,1 ribu kali dan disukai oleh 18 akun YouTube lainnya.