Brilio.net - Daging sapi bisa diolah menjadi beragam masakanlezat. Bisa dimasak semur, direndang, digulai, atau dijadikan dendeng. Dengan campuran bumbu rempah khas Indonesia, masakan ini akan begitu kaya rasa. Aroma rempahnya yang wangi serta tekstur dagingnya yang empuk dan lembut tentunya bakalan menggugah selera.

Namun untuk mengolah daging sapi ini tak bisa asal-asalan atau sembarangan. Tak hanya merusak kualitas nutrisinya, kesalahan memasak juga bisa bikin daging jadi alot. Jika sudah begitu, daging jadi nggak nikmat disantap.

Untuk mengempukkan daging, banyak orang kemudian memutar otak melakukan berbagai cara. Seperti merebus daging dengan panci presto. Tapi tak jarang bagi yang nggak memiliki panci presto, mereka menggunakan cara lain yakni menambahkan bahan dapur seperti cuka hingga soda soda ke dalam air rebusan. Bahan makanan ini dipercaya bisa mengempukkan daging sapi.

Namun selain cara di atas, rupanya ada alternatif lain cara mengempukkan daging yang bisa kamu coba seperti dilakukan oleh pengguna Instagram @melizah21. Melalui salah satu unggahannya, dia mengaku tak menambahkan bahan apapun melainkan mengandalkan 1 alat dapur yang lebih ampuh untuk mengempukkan daging sapi.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @melizah21 pada Jumat (14/6), akun Instagram @melizah21 menggunakan 2 sendok garpu stainless.

foto: Instagram/@melizah21

Caranya cukup mudah untuk dipraktikkan. Langkah pertama didihkan air dalam panci kemudian masukkan 2 sendok garpu stainless.

Penggunaan garpu stainless ini dianggap bisa mengempukkan daging sapi dengan cepat. Karena sendok stainless akan berperan sebagai penghantar panas yang bisa mempertahankan konsistensi suhu air rebusan.

foto: Instagram/@melizah21

Setelah itu masukkan dan rebus daging dengan tutup panci tertutup. Masak sampai air rebusan daging menyusut mendekati kering. Jika sudah, matikan kompor dan dagin pun punya tekstur yang empuk.

foto: Instagram/@melizah21

Gimana cukup mudah bukan? Video yang bermanfaat ini lantas menuai perhatian warganet dan ditonton lebih dari 100 ribu kali. Diantaranya, ada warganet yang kemudian memberikan tanggapan langsung di kolom komentar.

"Ini bneran ampuh ga seh mbak akoh, aku kok penasaran pengen coba tips ini ," ujar @ningsih_hst

"Makasih tipsnya mba bisa di coba nih," komentar akun @wiwiyannie

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Melizah (@melizah21)