Brilio.net - Handuk merupakan salah satu barang yang hampir setiap hari digunakan. Biasanya, handuk digunakan untuk mengeringkan kulit setelah mandi. Handuk dapur juga sering dipakai untuk mengeringkan tangan setelah mencuci. Karena sering digunakan, handuk menjadi mudah lembap dan kotor. Jika tidak segera dibersihkan, bintik-bintik hitam (jamur) dapat muncul di handuk.

Ketika handuk sudah terlanjur berjamur, penampilannya akan terlihat kumal karena warnanya menjadi tidak merata. Selain itu, daya serap handuk untuk mengeringkan tubuh juga akan semakin berkurang.

Untuk mencuci handuk yang sudah berjamur, tidak cukup hanya menggunakan deterjen saja. Banyak orang yang sengaja menambahkan sitrun ke dalam air rendaman handuk. Menurut cleaninginstitute.org, sitrun dapat membantu meluruhkan noda membandel pada pakaian, termasuk handuk.

Namun, penggunaan sitrun kadang-kadang dapat menyebabkan handuk menjadi rontok atau rusak. Jika sudah demikian, handuk tersebut tidak bisa digunakan lagi.

Sebagai alternatif, kamu bisa mencoba cara yang ditunjukkan oleh pengguna YouTube EK TV CHANEL. Dalam video yang diunggahnya, ia hanya menggunakan dua bahan dapur untuk mencuci handuk yang berjamur. Penasaran dengan bahan-bahannya?

Di awal video, ia menunjukkan penampakan handuk miliknya. Tampak di beberapa bagian handuk terdapat bintik-bintik hitam.

"Kebetulan ini handuk warna pink yg sudah dekil banget, sebelum di proses sampai tidak kelihatan warna aslinya. Tapi alhamdulillah setelah diproses jadi bersih maksimal," ujarnya dikutip BrilioFood dari YouTube Roemah Almini pada Minggu (22/10).

foto: YouTube/EK TV CHANEL

Untuk membersihkannya, ia meracik larutan pembersih khusus di dalam ember. Pertama, tuang air panas secukupnya ke dalam ember. Lalu, tambahkan dua bahan dapur , yakni 2 sdm micin dan sabun cuci piring sebagai campurannya.

"Aduk-rata sampai semua bahan larut dengan air," ungkapnya lebih lanjut.

foto: YouTube/EK TV CHANEL

Campuran micin dan sabun cuci piring dianggap bisa mengangkat seluruh noda membandel di handuk. Setelah tercampur sempurna, masukkan handuk ke dalam ember. Tekan-tekan handuk sampai terendam dengan larutan pembersih.

"Kalau sudah seperti ini, kita diamkan sekitar 15-20 menit," ucapnya.

foto: YouTube/EK TV CHANEL

Air rendaman yang tadinya berwarna bening tampak sudah berubah kehitaman setelah dibiarkan selama 15-20 menit. Proses selanjutnya, angkat dan peras handuk. Kemudian sikat seluruh permukaan handuk pakai sabun mandi batangan agar bersih maksimal.

foto: YouTube/EK TV CHANEL

Jika dirasa sudah bersih, langsung bilas handuk pakai air biasa. Pastikan handuk benar-benar bersih terbebas dari segala kotoran dan sisa larutan pembersih.

foto: YouTube/EK TV CHANEL

Setelah bersih, angkat dan jemur handuk di bawah sinar matahari. Tunggu sampai kering, lalu lihat bagaimana hasilnya setelah dicuci.

foto: YouTube/Roemah Almini