Brilio.net - Selang air jadi salah satu peralatan rumah tangga yang umum ditemukan di setiap rumah. Fungsinya untuk mengalirkan air dari suatu tempat ke tempat lain dengan efisien. Misalnya, menyiram tanaman, mencuci mobil, membersihkan area luar rumah, hingga mengalirkan air ke mesin cuci.

Seiring penggunaanya yang terus menerus, selang air kerap kali terabaikan dan tidak terawat. Hal ini membuat kotoran, jamur, hingga lumut menumpuk di dalam selang. Penumpukan ini tak hanya membuat selang terlihat kotor, tapi juga mengganggu aliran pada selang. Selain itu air yang keluar tidak jernih dan banyak mengandung lumut.

Ketika mendapati hal ini, sebagian orang biasanya membersihkan selang dengan cara merendamnya menggunakan air sitrun. Yup, bahan satu ini memang dikenal ampuh mengangkat noda dan kotoran pada permukaan benda. Jangan khawatir untuk kamu yang tak memiliki stok sitrun. Tanpa sitrun ada cara lain membersihkan selang yang bisa kamu coba di rumah.

Trik tersebut perah dibagikan oleh pengguna Instagram @lydia.kusyono, lho. Usut punya usut, ia cuma mengandalkan 1 alat dapur untuk membersihkannya. Alat dapur tersebut juga cukup mudah di temukan di setiap rumah.

foto: Instagram/@lydia.kusyono

Dilansir, dari Instagram @lydia.kusyono pada Selasa (30/7), alat dapur yang dimaksud adalah spons cuci piring. Pertama-tama, siapkan spons cuci piring. Potong spons cuci piring menjadi kotak kecil atau sesuai ukuran diameter selang.

foto: Instagram/@lydia.kusyono

Menurut pengguna Instagram tersebut, ukuran spons cuci piring yang digunakan juga perlu diperhatikan. Usahakan potongan jangan terlalu besar, namun juga jangan terlalu kecil.

"Jangan terlalu besar atau padat. Akan bikin bumpet," ujarnya.

Setelah itu, masukkan potongan spons ke dalam selang. Lalu pasang selang di kran, pastikan bagian yang ada sponsnya ditaruh di kran. Tahan selang yang menempel kran supaya tidak muncrat.

foto: Instagram/@lydia.kusyono

Nyalakan airnya. Air kran yang mengalir akan membantu mendorong spons dan mengangkat lumut serta kotoran yang menyumbat bagian dalam selang air. Setelah percobaan pertama, kotoran dan lumut pun terlihat keluar dari dalam selang.

foto: Instagram/@lydia.kusyono

Pengguna Instagram tersebut kemudian mengulangi tahapan yang sama hingga selang bersih. Air yang keluar dari selang pun menjadi bersih tanpa disertai noda lumut.

foto: Instagram/@lydia.kusyono

Diunggah sejak 17 Juli 2024 lalu, video ini telah ditonton lebih dari 500 ribu kali. Beragam respon warganet membanjiri kolom komentar @lydia.kusyono, dari yang berhasil mencoba dengan teknik ini hingga testimoni dengan cara lain.

"Satisfying bgt waktu liat keluar kotorannya ," ujar akun @jojofransisc

"Makasih. Sngt membantu, td udh coba. Tp aku pake besi buat cuci piring. Lebih keangkat smuanya ," ungkap akun @el_makda

"Aku biasanya pake selembar tisu basah diuntel2 wkwkk," pungkas akun @desyylisma