Pertama, siapkan baskom dan isi dengan air panas. Pemilik akun TikTok @putraapibiru.tv menggunakan air panas sebanyak 1 panci yang baru mendidih usai direbus. Campurkan air panas tersebut dengan deterjen pakaian dan sabun cuci piring secukupnya, lalu aduk rata. Nah, tiga bahan inilah yang jadi bahan utama untuk mempraktikkan trik pembersihan lap dapur ini.

foto: TikTok/@putraapibiru.tv

Kemudian, masukkan lap dapur yang dekil dan tekan-tekan sampai seluruh bagiannya terendam ke dalam larutan bahan pembersih. Diamkan hingga airnya tak panas lagi. Nantinya, air rendaman lap dapur ini akan berubah jadi keruh karena berhasil mengangkat kotoran, terutama noda lemak dari lap dapur.

foto: TikTok/@putraapibiru.tv

Setelah itu, angkat lap dapur lalu sikat hingga seluruh nodanya hilang. Jika sudah bersih, bilas lap dapur dengan air bersih dan keringkan secara manual maupun dimasukkan ke pengering mesin cuci. Pemilik akun TikTok @putraapibiru.tv mengeringkan lap dapurnya dengan cara dijemur saja.

foto: TikTok/@putraapibiru.tv

Wah, sederhana banget kan trik mencuci lap dapur dekil ini? Mengintip kolom komentar di unggahan TikTok @putraapibiru.tv yang sudah ditonton 697 ribu kali, banyak warganet yang antusias dengan trik ini, lho. Di samping itu, ada pula yang membagikan teknik lain untuk mencuci lap dapur.

 

"masuk mesin cuci..pada air bekas cucian tambah sunlight..tinggal beres² yg lain jg bersih," tulis TikTok @Biru Nila63.

"aku cuma direndem pake air dan sabun colek aja. rendem 2 jam kucek2 udah kinclong lg," imbuh TikTok @user8824600328224.

"saya pake mama lemon+citrun+air panassoalnya minyak diserbet bisa hilang kalo kena air panas+mama lemon....," tutur TikTok @Nouvara.