Dilansir BrilioFood dari YouTube allysia xo pada Senin (8/1), bahan yang dimaksud adalah detergen dan sabun cuci piring. Selain itu, dia juga menggunakan sedikit cairan pemutih. Campuran ketiga bahan tadi dapat membuat kain pel jadi kembali putih dan bersih kesat, lho.

Untuk proses pemakaiannya lebih lanjut, siapkan ember. Dalam video tersebut, dia menggunakan ember yang dirancang dengan spinner untuk memeras sekaligus mengeringkan kain pel. Nah, tuang air panas secukupnya ke dalam ember tersebut. Lalu campur dengan air dingin agar suhu air lebih hangat.

foto: YouTube/allysia xo

Selanjutnya, tuang detergen cair, sabun cuci piring, dan sedikit pemutih. Barulah kemudian masukkan kain pel ke dalam ember. Tekan-tekan agar cairannya meresap ke serat kain. Setelah itu, peras dengan spinner.

foto: YouTube/allysia xo

Lakukan proses merendam dan memeras ini hingga beberapa kali. Lalu untuk hasil maksimal, rendam kain pel di dalam cairan ini selama beberapa jam. Setelah itu, peras dan keringkan lagi dengan spinner.

foto: YouTube/allysia xo

Terakhir, bilas kain pel ini sampai bersih di bawah air mengalir. Lalu jemur sampai kain pel benar-benar kering. Dengan begitu, kain pel akan tampak lebih bersih dan putih. Bahkan aromanya pun lebih wangi dibandingkan sebelumnya.

Video tentang trik mencuci kain pel ini sudah ditonton lebih dari 152 ribu kali. Nggak heran jika kemudian ada banyak pengguna YouTube lain yang tertarik dan turut memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian warganet ini turut memberikan saran atau trik lain dalam mencuci kain pel kumal.

"Thank you it helped (terima kasih, ini benar-benar membantu)," ujar YouTube @DavidSouthwell-ce7os.

"I socked my mop head in the bucket with water and 1-2 cups of bleach in between uses. Comes out really clean (Saya memasukkan pel ke dalam ember berisi air dan 1-2 cangkir pemutih di sela-sela penggunaan. Saat diangkat, sangat bersih)," ungkap YouTube @sharongasparaitis7135.

"I put powdered detergent baking soda and pine sol with boiling hot water 2 pans ful and leave it overnight and good as new (Saya masukkan baking soda, deterjen bubuk, dan sol pinus dengan air panas mendidih 2 panci penuh dan biarkan semalaman dan bagus seperti baru)," sahut YouTube @Contantina46.