Namun di beberapa daerah, sitrun ini merupakan barang langka yang cukup sulit didapat. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan bahan lain seperti yang dilakukan pengguna TikTok @mizbom. Dalam salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan satu bahan dapur sederhana yang mudah didapat di pasar atau bahkan toko kelontong.

Dilansir BrilioFood pada Kamis (9/11), bahan dapur yang dipakai adalah baking soda. Siapa sangka, baking soda ini sama ampuhnya dengan sitrun dalam mengangkat kerak. Bahkan noda kerak yang membekas dalam panci juga bisa hilang dalam sekejap.

foto: TikTok/@mizbom

Untuk cara pakainya, cukup tuang baking soda secukupnya ke dalam panci. Lalu tambahkan sedikit sabun cuci piring. Nah, sabun cuci piring ini akan membuat baking soda lebih mudah diaplikasikan dan bisa meresap sempurna ke dalam kerak.

foto: TikTok/@mizbom

Selanjutnya, langsung gosok bagian dalam panci dengan campuran kedua bahan tadi. Tak perlu menggosoknya dengan sabut kawat atau sikat kasar, ya. Cukup gunakan spons cuci piring saja. Lalu gosok dengan sedikit menekan noda yang berkerak.

foto: TikTok/@mizbom

Siapa sangka, noda tersebut bisa langsung hilang dalam sekali gosok saja. Lantas untuk hasil maksimal, lakukan proses ini sampai bagian dalam panci benar-benar bersih. Terakhir, bilas panci di bawah air mengalir sampai bisa dan nodanya luruh. Dengan begitu, panci ini jadi kembali kinclong.

foto: TikTok/@mizbom

Sejak diunggah pada 31 Oktober lalu, video ini sudah ditonton lebih dari 4 juta kali. Nggak heran jika kemudian video ini masuk FYP (For Your Page) di TikTok dan mendapat banyak perhatian warganet. Bahkan ada lebih dari 200 warganet yang membanjiri kolom komentar dengan berbagai macam tanggapan positif.

"terima kasih kakkk, sebelumnya aku udah liat video kakak karena ada di fyp akuu. trs aku nyoba dan seneng banget nyuci perabotan yg berkerak bandel," kata TikTok @hdkajsjwjsn.

"aku selalu pake sabun batangan merk apa aja ,kinclong perabotan gda yg buluk," ungkap TikTok @elisuniwati.

"mau coba ah, soalnya kmren aku habis nge-gosongin wajan mertua gara2 lupa matiin kompor," papar TikTok @dewipuspitasari15_.

"klo diperabot plastik yg sudah berkerak bisa juga ga?" tanya pengguna TikTok @dinanaa001.

Hal tersebut lantas dijawab oleh penggungah video, "Pake cuka atau sunlight+air hangat aja kak."