Cara bikin semir sepatu sendiri.

Yang pertama harus disiapkan yaitu wadah serta sikat gigi bekas untuk membantu proses mengilapkan sepatu nantinya. Kemudian, isi wadah tersebut dengan sabun cuci piring secukupnya. Yup, sabun cuci piring inilah bahan dapur utama untuk mempraktikkan cara bikin sepatu buluk jadi mengilap ini.

Selanjutnya, tambahkan sedikit air hangat supaya sabun cuci piring tak terlalu kental lagi. Aduk sampai rata dengan bantuan sikat gigi. Tetapi, pastikan kamu mengaduknya perlahan saja jangan sampai muncul busa.

foto: YouTube/EBIY MUSIC

Setelah itu, oleskan racikan tersebut ke permukaan sepatu buluk pakai sikat gigi. Gosok-gosok sepatu hingga racikan sabun cuci piring merata ke seluruh bagian. Jika sudah, seka permukaan sepatu dengan kain bersih dan lembut sampai tak ada lagi sisa sabun.

foto: YouTube/EBIY MUSIC

Dijamin, sepatumu berubah jadi mengilap lagi usai disemir dengan cara ini. Gimana, kamu tertarik mencobanya di rumah?

Mengintip unggahan YouTube EBIY MUSIC, memang belum terdapat banyak komentar dari warganet lain, tapi video ini sudah mendapat antusias lebih dari 4.000 kali, lho.

 

 

Cara membuat sabun cuci piring alami.

Sabun cuci piring dijual di pasaran umumnya mengandung banyak bahan kimia di dalamnya. Nah, kalau kamu ingin punya sabun cuci piring dari bahan alami biar lebih aman saat digunakan, buat sendiri saja, yuk. Berikut cara membuat sabun cuci piring alami.

Bahan:
- Sabun castile (castile soap)
- Air panas
- Minyak esensial
- Soda kue (baking soda)

Cara membuat:
1. Parut sabun castile hingga halus. Kamu juga bisa memotongnya kecil-kecil agar lebih mudah larut.
2. Masukkan sabun castile yang sudah diparut ke dalam mangkuk besar. Tuangkan air panas secukupnya untuk melarutkan sabun. Aduk hingga sabun larut sepenuhnya dalam air.
3. Jika kamu ingin memberikan aroma tambahan, teteskan beberapa tetes minyak esensial ke dalam campuran sabun. Pastikan untuk memilih minyak esensial yang aman digunakan untuk membersihkan.
4. Tambahkan beberapa sendok soda kue ke dalam campuran sabun. Soda kue akan membantu membersihkan dan menghilangkan bau yang tidak sedap.
5. Aduk campuran secara menyeluruh hingga semua bahan tercampur dengan baik.
6. Setelah campuran sabun terasa cukup dingin, tuangkan ke dalam botol atau wadah yang telah disiapkan untuk menyimpan sabun cuci piring kamu.
7. Gunakan sabun cuci piring alami ini seperti biasa saat mencuci piring kamu. Bilas bersih dengan air setelah selesai.