Bahan dapur yang dianggap ampuh mengusir hama yaitu cabai. Pastikan kamu menggunakan cabai yang pedas, seperti cabai rawit. Cukup pakai 2 sampai 3 buah cabai saja, kemudian iris kecil-kecil. Lalu, rebus cabai tersebut di dalam air mendidih sekitar 10 sampai 15 menit.

"Dinginkan (air rebusan cabai) dulu sebentar," imbuh warganet di akun TikTok @netafarm.id.

foto: TikTok/@netafarm.id

Setelah didiamkan hingga air rebusan cabai dingin, saring dan ambil sebanyak 30 ml air rebusan cabai tersebut menggunakan gelas takar atau alat suntik. Kemudian, campurkan air rebusan cabai dengan 1 liter air ke dalam botol spray. Aduk sebentar, lalu langsung semprotkan air larutan cabai tersebut ke bagian tanaman yang terdapat hama.

Pemilik akun TikTok @netafarm.id menjelaskan, trik mengusir hama pakai air cabai ini dapat dilakukan setiap 2 minggu sekali saja. Semprotkan air cabai secukupnya di pagi dan sore hari. Air cabai ini disebut-sebut tak disukai oleh hama lantaran aroma dan rasa pedasnya yang kuat.

foto: TikTok/@netafarm.id

Nah, gimana, kamu tertarik mencoba trik mengusir hama tanaman yang dibagikan oleh akun TikTok @netafarm.id ini? Mengintip kolom komentar di video yang sudah ditonton 32 ribu kali ini, tak sedikit warganet yang antusias bertanya dan ingin mencoba trik ini di rumah, lho.

 

"bikin panas daun atau tanaman ngga kak?? takut nanti tanamannya panas jadi gosong," ungkap TikTok @mican_ciki.

"cabenya boleh jenis apa aja kak?" tanya TikTok @amyunita_.

"kak, kalau sudah parah, cara steril media tanamnya spt apa ya??" kata TikTok @calisa.