Brilio.net - Seringnya menggunakan rice cooker bisa membuat alat ini cepat kotor dan mudah menumpuk sisa makanan, noda, serta bau tidak enak. Biasanya, sisa nasi yang menempel di bagian dalam rice cooker adalah sumber utama kotoran. Selain itu, debu dan sisa uap air juga bisa membuat elemen pemanas menjadi kotor.

Sayangnya, elemen pemanas yang ada di dasar rice cooker seringkali diabaikan dan jarang dibersihkan. Padahal, bagian ini mudah sekali terkena kerak. Hal ini terjadi karena noda yang menempel di elemen pemanas akan terbakar saat rice cooker digunakan. Setelah terbakar, noda tersebut akan berubah menjadi kerak hitam yang susah dihilangkan.

Jika noda sudah berubah menjadi kerak, membersihkannya jadi lebih sulit. Itulah mengapa banyak orang menggunakan berbagai campuran bahan khusus untuk membersihkan kerak tersebut. Beberapa di antaranya mencampur baking soda, cuka, garam, atau sabun cuci piring untuk membantu proses pembersihan.

Namun, daripada repot-repot meracik pembersih, kamu bisa mencoba cara yang lebih sederhana seperti yang digunakan oleh pemilik akun YouTube yu sitie chanel. Dalam salah satu videonya, dia hanya menggunakan pasta gigi untuk membersihkan kerak hitam di rice cooker. Pasta gigi ini bisa melunakkan kerak hanya dalam 15 menit.

bersihkan kerak hitam dasar rice cooker
© 2024 YouTube/yu sitie chanel

Dilansir BrilioFood dari YouTube yu sitie chanel pada Selasa (17/9), langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengoleskan pasta gigi langsung ke bagian dasar rice cooker. Oleskan menggunakan pasta gigi bekas hingga ke seluruh bagian kerak. Setelah itu, diamkan dulu selama 15 menit.

bersihkan kerak hitam dasar rice cooker
© 2024 YouTube/yu sitie chanel

Jika sudah didiamkan, langsung gosok bagian dasar rice cooker ini dengan sabut kawat. Agar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa menggosoknya secara searah dan memutar. Hal tersebut akan membuat kerak hitam yang menempel jadi lebih mudah terangkat.

bersihkan kerak hitam dasar rice cooker
© 2024 YouTube/yu sitie chanel

Nah, saat keraknya sudah luntur, lap bagian dasar rice cooker tersebut dengan kain atau tisu basah. Selain untuk mengangkat kerak, proses ini juga dilakukan untuk menghilangkan sisa pasta gigi yang masih menempel. Pastikan bagian dasar rice cooker benar-benar bersih supaya tidak ada kerak yang timbul lagi.

bersihkan kerak hitam dasar rice cooker
© 2024 YouTube/yu sitie chanel

Sesaat setelah dibersihkan, bagian dasar rice cooker jadi tampak lebih kinclong. Kamu bisa mengeringkannya terlebih dahulu dengan cara diangin-anginkan. Barulah kemudian rice cooker siap digunakan kembali untuk menanak nasi.