Brilio.net - Lontong biasa disajikan dengan aneka menu lain, seperti opor, sate, atau soto. Karena terbuat dari bahan dasar beras jadi mengenyangkan, lontong kerap dipilih sebagai pengganti nasi. Dilihat dari bentuknya, lontong biasanya cenderung padat dan pulen.

Dilihat dari pembuatannya, beras yang hendak digunakan biasanya akan dicetak di dalam daun pisang lalu direbus. Meski sekilas tampak sederhana, namun banyak orang masih gagal saat membuat lontong. Hal ini bisa dilihat dari tekstur lontong yang kurang pulen dan cepat basi saat disimpan.

Memang butuh trik tersendiri saat hendak membuat lontong daun pisang yang pulen dan awet. Sejumlah orang biasanya akan menggunakan panci presto saat merebus lontong. Hal ini dinilai dapat membuat lontong jadi lebih awet dan pulen maksimal.

Namun jika tidak ada panci presto, kamu dapat menggunakan panci biasa seperti yang dilakukan pengguna Instagram @nhm_kitchen. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya mengandalkan panci biasa saat merebus lontong. Walaupun begitu, lontong yang dihasilkan bisa awet hingga 3 hari di suhu ruang, lho.

Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @nhm_kitchen pada Kamis (13/6), hal pertama yang harus dilakukan adalah mencuci beras terlebih dahulu. Setelah itu, tiriskan sampai airnya benar-benar habis. Jika sudah, cetak daun pisang jadi bentuk bulat agak lonjong. Lalu sematkan lidi di satu sisi bagian ujungnya.

foto: Instagram/@nhm_kitchen

Setelah itu, masukkan beras hingga memenuhi setengah bagian daun pisang. Nah, daun pisang yang sudah diisi beras ini bisa ditutup dengan cara menyematkan lidi di bagian ujungnya. Lakukan proses mencetak ini sampai beras dan daun pisangnya habis.

foto: Instagram/@nhm_kitchen

Selanjutnya, tata lontong di dasar panci berukuran besar. Setelah itu, isi air sampai seluruh bagian lontong terendam sempurna. Barulah kemudian letakkan di atas kompor dan rebus selama 3-4 jam.

"Setiap satu jamnya harus kalian cek, karena airnya berkurang dan harus ditambahi lagi dengan air sampai lontongnya tenggelam. Aku total tambah air tiga kali selama proses rebus ini," terang Instagram @nhm_kitchen.

foto: Instagram/@nhm_kitchen

Memang pada dasarnya, proses perebusan yang lama menjadi kunci penting yang akan membuat lontong tahan lama saat disimpan. Oleh sebab itu, jika sudah direbus berjam-jam, angkat dan tiriskan dengan posisi vertikal (berdiri) agar sisa airnya benar-benar luruh. Dengan begitu, lontong akan mengering dan awet 3 hari meski disimpan di suhu ruang.

foto: Instagram/@nhm_kitchen

Unggahan tentang trik bikin lontong ini telah ditonton lebih dari 2 juta kali. Nggak heran jika kemudian video tersebut mendapat banjir komentar warganet. Sebagian besar pengguna Instagram ini mengaku takjub dengan hasil lontong yang tampak pulen dan menggugah selera.

"Saya pernah cobain resepnya dan berhasil bund," sahut Instagram @ningrumayusyahputri.

"Cakep bgt lontongnya mba, puleeenn," kata Instagram @meibasuki.

"Waah aromanya sampai kesini. Akhirnya nemu tutor lontong daun," tulis Instagram @ifasyukur.

"Klo Q pake panci presto Bun,,hanya 1 jm hasil lontongnya lembut dan kenyal," komentar akun Instagram @nurmunadhofah.

"Aku tambah garam, jeruk nipis, dan daun pandan," papar Instagram @hassan.nans.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by NHM Kitchen (@nhm_kitchen)