Pertama-tama, didihkan air di panci secukupnya. Kemudian masukkan semua potongan babat sapi yang sudah dibersihkan. Tambahkan pula beberapa lembar daun salam dan jahe geprek. Juns menjelaskan, daun salam dan jahe ini ampuh banget menghilangkan bau amis pada babat sapi.

"Gunakan panci presto jika ingin babat lebih cepat empuk. Tutup rapat dan masak selama kurang lebih 10 sampai 13 menit," ujarnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Juns Kitchen Story pada Jumat (7/7).

foto: YouTube/Juns Kitchen Story

Saat babat sapi sudah hampir matang di panci rebusan, gunakan wajan lain untuk menumis bumbu halus. Beri pula bumbu aromatik agar hasil babat sapi nantinya lebih wangi lagi. Kemudian, saat bumbu halus sudah wangi dan hampir matang, masukkan garam, gula, penyedap rasa, juga sedikit air.

foto: YouTube/Juns Kitchen Story

Aduk-aduk, baru masukkan potongan babat sapi yang sudah direbus. Aduk kembali dan masak selama beberapa menit sampai airnya menyusut dan bumbu benar-benar meresap pada babat sapi. Jika sudah, babat sapi pun siap digoreng hingga kecokelatan.

foto: YouTube/Juns Kitchen Story

Gimana, penggemar babat sapi pasti sudah ngiler kan usai melihat masakan satu ini? Menilik kolom komentar di unggahan YouTube Juns Kitchen Story, banyak warganet yang mengaku antusias ingin mencoba bikin babat goreng seperti ini, lho. Video ini pun sudah ditonton lebih dari 40 ribu kali.

"Mau belajar bikin babat goreng, nemu video ini. Terima kasih resepnya bun," ungkap YouTube @sahabat_kebun.damaya.

"Kesini karena kemarin dapet babat idul adha ," cetus YouTube @joesuhadak1394.

"Luwar biasa ternyata enak," puji YouTube @uswatunuswatun4186.