Dilansir BrilioFood dari YouTube I Am That Girl pada Sabtu (27/1), pengguna YouTube tersebut memilih untuk memanfaatkan bahan dapur untuk membersihkan lumut ini. Bahan dapur yang dimaksud adalah sabun cuci piring. Nah, sabun cuci piring ini nantinya akan dicampur dengan bahan lain, yakni sitrun.

foto: YouTube/I Am That Girl

Cara pakainya, campur 2 sdm sitrun dan 100 ml sabun cuci piring (1 sachet ukuran kecil). Dia mengaku menggunakan sabun yang banyak karena mesin cuci miliknya berukuran cukup besar. Nah, takaran ini bisa disesuaikan dengan ukuran dan bentuk mesin cuci masing-masing, ya.

Setelah kedua bahan tadi dicampur, aduk-aduk sampai merata. Selanjutnya, isi mesin cuci dengan air cukup sampai bagian dasar (baling-baling) mesin cuci terendam. Barulah kemudian masukkan campuran sabun cuci piring dan sitrun tadi.

foto: YouTube/I Am That Girl

Jika sudah, aduk-aduk sampai sabunnya larut bersama air. Setelah itu, diamkan dulu selama 2-3 jam. Hal ini akan membuat cairan sitrun dan sabun terserap ke dalam bagian mesin yang berlumut. Dengan begitu, lumutnya pun akan langsung terangkat dengan mudah.

Sembari direndam, siram juga bagian mesin cuci yang lain, seperti penyaring kotoran di dinding mesin cuci. Jika perlu, copot bagian penyaring tersebut dan rendam juga bersama air sabun. Hal ini akan membuat kotoran di penyaring juga ikut luruh.

foto: YouTube/I Am That Girl

Nah, setelah direndam, nyalakan mesin cucinya agar lumut di bagian dalam semakin luruh bersama air. Setelah itu, buang airnya dan isi lagi dengan yang baru. Lalu nyalakan dan putar lagi mesinnya. Lakukan proses menyalakan mesin dan mengganti air ini hingga 3 kali atau sampai air dalam mesin cuci benar-benar jernih, ya.Dengan begitu, lumut di mesin cuci juga jadi hilang dan jadi lebih bersih.

"Pembuangan air yang dulunya tidak lancar jadi lancar. Karena lumut yang menyumbat semua sudah rontok bersih," kata YouTube I Am That Girl.

foto: YouTube/I Am That Girl

Telah ditonton lebih dari 258 ribu kali, video tentang cara membersihkan lumut di mesin cuci ini sontak menuai perhatian warganet. Banyak pengguna YouTube lain yang kemudian tertarik dan ikut memberikan tanggapan di kolom komentar.

"terimakasih bunda tipnya dan ilmunya saya ingin mencobanya," ungkap YouTube @user-qm8jr2io7u.

"PERLU DI COBA NIH..CARA MEMBERSIHKAN MESIN CUCINYA," kata YouTube @otwelektronik24.

"Mau dicoba," papar YouTube @titinrohayati9752.