Di awal video, ia menunjukkan penampakan mesin cucinya. Di bagian mulut mesin cuci tampak dipenuhi kerak berwarna kekuningan.

foto: YouTube/myversionofzen

Untuk membersihkannya, ia membuka terlebih dahulu bagian pembuangan dan tutup dasar tabung. Lalu oleskan cairan pembersih yang terdiri dari dua bahan dapur, yakni cuka dan sabun cuci piring ke seluruh permukaan mesin cuci.

“Ini kita pakai nih buat ngebersihin bagian mulut tabung sama bagian tutup, dan luar mesin cuci,” ujarnya dikutip BrilioFood dari YouTube myversionofzen pada Sabtu (13/10).

foto: YouTube/myversionofzen

Dilansir dari healthline.com, sifat asam dari cuka dipercaya ampuh mengangkat segala kotoran ataupun noda membandel. Nggak heran jika bahan satu ini dipakai untuk membersihkan kerak di mesin cuci.

Karena sudah dioles cairan pembersih, gosok-gosok seluruh bagian mesin cuci pakai spons. Tanpa butuh mengeluarkan tenaga ekstra, kerak kuning pun memudar dengan sendirinya. Jika sudah begitu, bilas mesin cuci pakai air lalu tiriskan pakai lap kering.

foto: YouTube/myversionofzen

Nggak berhenti sampai di situ, ia juga membersihkan bagian dalam mesin cuci. Masukkan air panas secukupnya, lalu tambahkan dua bahan dapur yang terdiri dari 5 sdm cuka dan 5 sdm baking soda. Dengan begitu, bahan dapur yang digunakan ada tiga, yakni sabun cuci piring, cuka, dan baking soda. Terakhir, masukkan air biasa sampai tabung mesin cuci terisi penuh.

“Setelah air penuh diamkan 1 jam,” ucapnya.

foto: YouTube/myversionofzen

Setelah didiamkan selama 1 jam, nyalakan mesin cuci seperti biasa. Jika sudah, buang air cucian. Agar bersih maksimal, usap bagian dalam mesin cuci pakai lap microfiber.

“Lap buat ambil kotoran yg kesisa,” ujarnya.

foto: YouTube/myversionofzen

Baik bagian dalam maupun luar mesin cuci jadi bersih dan kinclong lagi. Kalau sudah begini, pakaian yang dicuci akan bersih maksimal dan bebas bau apek.

Coba, ingat-ingat lagi kapan terakhir kamu membersihkan mesin cuci di rumah? Kalau belum, langsung praktikkan cara satu ini, ya.

foto: YouTube/myversionofzen