Brilio.net - Telur memiliki harga yang relatif terjangkau, sangat praktis diolah menjadi berbagai menu lezat. Meskipun hanya digoreng menjadi telur mata sapi, rasanya sudah cukup mantap dan cocok untuk dijadikan lauk harian.

Apalagi jika ditambah kecap atau sambal, hidangan ini akan semakin menggugah selera dan membuat makan kian lahap. Kepraktisan dan kelezatannya menjadikan telur sebagai pilihan lauk yang ideal untuk berbagai hidangan sehari-hari.

Namun, tidak sedikit juga yang mengalami kesulitan ketika membuat telur ceplok atau mata sapi. Hasilnya sering kali kurang memuaskan, justru kuning telurnya melebar atau bahkan hancur.

Saat membahas cara bikin telur ceplok, sebenarnya ada metode mudah untuk mendapatkan hasil yang cantik tanpa harus menggunakan cetakan atau memisahkan kuning dari putih telur. Dengan teknik yang tepat, kamu bisa menghasilkan telur ceplok yang sempurna dan menarik.

Kalau ngomongin cara membuat telur ceplok, sebenarnya ada metode mudah untuk mendapatkan hasil yang cantik tanpa harus menggunakan cetakan atau memakai banyak minyak goreng. Dengan teknik yang tepat, kamu bisa menghasilkan telur ceplok yang sempurna dan menarik.

foto: Instagram/@never_done_diy

Dilansir BrilioFood dari Instagram @never_done_diy pada Minggu (1/9), tuang minyak goreng secukupnya ke teflon. Nyalakan api kompor, lalu tunggu beberapa menit sampai minyak panas. Kalau sudah, masukkan telur ke atas teflon.

foto: Instagram/@never_done_diy

Tunggu beberapa saat sampai bagian samping dan bawah telur tampak mengering. Kalau sudah, tuang air secukupnya. Tujuannya agar bagian bawah dan pinggiran telur tidak menempel ke dasar teflon. Tanpa perlu ditunggu, langsung tutup teflon.

foto: Instagram/@never_done_diy

Setelah dimasak selama beberapa menit, matikan api kompor. Angkat dan pindahkan telur mata sapi yang sudah matang ke piring saji. Karena sudah ditambahkan air, melepaskan telur mata sapi juga lebih gampang. Nggak ada bagiannya yang menempel di dasar teflon. Alhasil, telur mata sapi yang dihasilkan jadi berbentuk cantik dan utuh sempurna.