Dilansir BrilioFood dari YouTube Annies's Kitchen pada Selasa (2/5), cuci bersih terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat saus cabai. Pastikan semua bahan kondisinya segar dan terbebas dari segala kotoran.

Lalu rebus 200 gram cabai keriting, 50 gram cabai rawit merah, 5 siung bawang putih, dan 250 gram tomat di air mendidih. Gunakan api kompor kecil dan rebus hingga semua bahan jadi layu.

"Fungsi dari merebus ini untuk menghilangkan bau langu dari bahan-bahan tersebut," jelasnya.

foto: YouTube/Annies's Kitchen

Jika sudah layu, matikan kompor dan diamkan terlebih dahulu hingga semua bahan menjadi dingin. Setelah dingin, baru masukkan hasil rebusan ke blender atau food processor.

foto: YouTube/Annies's Kitchen

Jika dirasa sudah halus, langsung tuangkan saus ke saringan. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan saus cabai yang tidak bergerindil.

foto: YouTube/Annies's Kitchen

Selanjutnya, rebus kembali saus cabai yang sudah disaring. Proses perebusan kedua kali ini bisa membuat saus jadi lebih tahan lama.

"Jangan lupa tambahkan 1 sdm cuka, 1 sdm garam, dan 4 sdm gula pasir, aduk-aduk hingga saus cabai mendidih," jelasnya.

foto: YouTube/Annies's Kitchen

Jika sudah mendidih, masukkan larutan maizena secukupnya. Aduk-aduk hingga saus cabai mengental. Matikan kompor jika saus cabai sudah matang dan mengenatal.

"Tunggu dingin dulu, baru dimasukkan ke dalam botol. Cabai asli loh ini, hasilnya warnanya bagus, kan. Simpan di suhu ruang aja, sausnya bakalan awet, kok," jelasnya lebih lanjut.

foto: YouTube/Annies's Kitchen

Ditonton lebih dari 128 ribu kali, video cara membuat saus cabai homemade ini pun menuai perhatian warganet. Menilik kolom komentar, tidak sedikit warganet yang mengaku berterima kasih karena mendapat resep bikin saus cabai homemade.

"Terima kasih resepnya. Sangat berguna bagi saya yang tinggal jauh dari tanah air dan tidak ada sambal ABC. ," tulis akun YouTube Mama Bagaskara.

"Terima kasih mbak resep nya ," ujar akun YouTube Devara.

"Terima kasi atas bagi2 ilmuñya,sangat bermamfaat," sahut akun YouTube Sarah Sarah.

"Mantap makasih banyak," ucap akun YouTube Nurul nurul.

"Ijin save resepnya KK,,,, terimakasih ," ungkap akun YouTube Dani Can.