Brilio.net - Proses pembuatan roti sering kali menghadirkan tantangan tersendiri bagi banyak orang. Bukan tanpa sebab, hasil roti yang dibuat terkadang tidak sesuai ekspektasi karena bantat atau tidak mengembang dengan baik. Bantatnya roti bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kualitas ragi yang kurang baik, proses fermentasi yang tidak tepat, atau takaran bahan yang tidak seimbang.

Kondisi ini tentu bisa mengurangi kenikmatan saat hendak menyantap roti yang seharusnya lembut dan empuk. Salah satu solusi yang sering digunakan untuk mengatasi masalah roti bantat adalah dengan menggunakan pelembut atau bread improver. Pelembut roti mengandung enzim, asam askorbat, dan bahan lain yang membantu meningkatkan kualitas adonan, sehingga roti dapat mengembang dengan lebih baik dan memiliki tekstur yang lembut.

Bread improver juga membantu mempercepat proses fermentasi dan memperbaiki struktur gluten dalam adonan, yang sangat penting untuk menghasilkan roti yang empuk dan berongga. Namun, penggunaan pelembut roti khusus atau bread improver juga memerlukan pemahaman yang tepat mengenai dosis dan cara penggunaannya. Penggunaan yang berlebihan atau tidak sesuai takaran bisa menyebabkan hasil yang kurang memuaskan, seperti rasa yang tidak alami atau tekstur yang terlalu kenyal.

Oleh karena itu, banyak orang yang berpikir ulang saat hendak menggunakan pelembut roti dari bahan kimia ini. Alih-alih langsung menggunakan bread improver, kamu bisa menggunakan trik yang dibagikan pengguna Instagram @ribkartinta jika hendak membuat roti yang lembut. Melalui salah satu video yang diunggah, pembuat roti ini mengaku tidak pernah menggunakan bread improver untuk membuat roti. Padahal hasil roti yang dibuat tampak sangat lembut dan empuk.

foto: Instagram/@ribkartinta

Usut punya usut, pengguna Instagram tersebut menerapkan sejumlah trik khusus agar roti bisa lembut alami. Dilansir BrilioFood dari Instagram @ribkartinta pada Kamis (26/9), trik khusus yang digunakan adalah memilih bahan-bahan yang tinggi lemak, seperti kuning telur mentega, margarin, hingga minyak sayur. Menurutnya bahan ini bisa membuat tekstur roti lebih lembap dan lembut. Hal ini juga disepakati oleh seorang warganet.

Semakin banyak kuning telor,semakin lembutttt pake banget. adonan t.roti 1kg telor utuh 1butir,4 kuning telor,dijamin menul menul,lembut," jelas pemilik akun Instagram @anita.yuniarta.18 di kolom komentar.

foto: Instagram/@ribkartinta

Selain penggunaan bahan tinggi lemak, proses mengulen adonan juga perlu diperhatikan. Menurut pengguna Instagram @ribkartinta, mengulen adonan tidak perlu dilakukan terlalu lama, cukup sampai adonan tidak lengket di tangan. Jika terlalu lama, akan sangat mungkin roti jadi mengembang, namun juga mudah kempis saat dipanggang.

foto: Instagram/@ribkartinta

Sementara itu, pengemasan roti setelah matang juga tidak boleh sembarangan. Jika sudah matang dan dingin suhunya, roti atau kue harus dikemas di wadah kedap udara. Hal ini akan membuat tekstur roti tetap lembut dan tak mudah kering berhari-hari.

Telah ditonton lebih dari 1 juta kali, video tentang trik bikin roti ini sontak menuai perhatian warganet. Banyak pengguna Instagram lain yang turut memberikan tanggapan langsung melalui kolom komentar. Sejumlah warganet ini mengaku takjub dengan hasil roti yang tampak lembut dan menggugah selera.

Gemesss bgt rotinya," papar Instagram @kysyarp.

"Lembut bngt rotinya," tulis akun Instagram @4720dw.

"Makasih banyak kak tipsnya .... uda mau saharing ilmu," sahut Instagram @rahmadani.risqi.