Brilio.net - Buat kebanyakan orang, telur jadi salah satu bahan makanan andalan untuk dikonsumsi sehari-hari. Tak heran, pasalnya telur mudah ditemukan di mana-mana, mulai dari warung sayuran, toko kelontong, hingga supermarket. Telur juga bisa diolah dalam berbagai macam masakan.

Umumnya, telur yang dikonsumsi sehari-hari adalah telur ayam. Selain mudah ditemukan, telur ayam juga memiliki sejumlah nutrisi penting untuk tubuh. Melansir dari kemkes.go.id, sebutir telur ayam mengandung sekitar 6 gram protein, sejumlah vitamin seperti A, B, D, K, hingga mengandung kolin, selenium, yodium, fosfor, besi, dan seng.

Nutrisi-nutrisi tersebut memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, menjaga kesehatan mata, menguatkan sistem imun, sampai meningkatkan fungsi otak. Adapun olahan telur misalnya telur balado, telur semur, fuyunghai telur, dan banyak lagi. Bahkan, dimasak dengan cara diceplok berbentuk mata sapi saja, telur sudah lezat sudah dinikmati bersama nasi panas.

Walau terlihat simpel pengolahannya, namun jika tidak berhati-hati, memasak telur ceplok juga bisa gagal, lho. Ciri khas telur ceplok yang gagal adalah gosong di salah satu sisinya. Telur ceplok yang gosong tentu kurang lezat saat dinikmati.

Selain kurang nikmat, telur ceplok gosong juga akan meninggalkan sisa telur yang menempel di wajan. Tak jarang, hal itu membuat kesal saat akan membersihkannya. Di sisi lain, telur ceplok yang nikmat memiliki tekstur yang lembut.

Beberapa orang, menggunakan margarin saat menggoreng telur. Hal itu memang cukup berhasil. Tetapi jika kamu tak ada stok margarin di rumah, kamu bisa menambahkan air untuk membuat telur ceplok lembut, lho.

Cara ini dibagikan oleh pemilik akun @ummubalqishaura di Instagram. Ia memperlihatkan video saat sedang menggoreng telur ceplok di rumah dengan hasil yang lembut dan gurih.

"cobain yuk hasilnya lembut banget ga keras dan ga perlu bolak balik lagi," tulisnya.

Cara menggoreng telur ceplok supaya lebih lembut dan antigosong

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Pertama siapkan telur yang akan kamu goreng. Bersihkan cangkangnya jika masih ada kotoran. Kamu bisa mencuci telurnya terlebih dahulu agar tidak ada bakteri yang ikut masuk ke dalam telur. Setelah dicuci, sisihkan telu terlebih dahulu.

Setelah itu, siapkan teflon atau wajan untuk menggoreng. Kemudian, masukkan minyak secukupnya. Lalu, nyalakan api kompor. Setelah panas, segera pecahkan cangkang telur dan masukkan telur ke dalam wajan.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Lalu, beri kaldu bubuk secukupnya untuk menambah rasa gurih dalam telur ceplok. Kemudian, masukkan sedikit air ke dalam telur yang sedang digoreng. Teknik ini, merupakan kunci untuk menghasilkan telur yang lembut. Air tersebut yang akan menghambat telur gosong.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Kemudian, tutup telur ceplok dengan tutup panci yang rapat. Setelah matang buka kembali tutup panci dan angkat telur ceplok dari wajan. Lihat hasilnya, maka telur ceplok yang baru saja kamu goreng jadi lembut dan anti gosong.

foto: Instagram/@ummubalqishaura

Telur ceplok ini cocok untuk kamu nikmati selagi hangat. Sajikan bersama nasi hangat atau lauk lainnya. Kamu juga bisa menjadikan telur ini untuk topping mi dan nasi goreng. Mudah sekali, bukan?

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Suri Haji Jailani (@ummubalqishaura)