Brilio.net - Tak sedikit orang yang gemar ngemil juga ingin mencoba berbagai jenis camilan maupun kue yang banyak seliweran di media sosial. Salah satu contoh hidangan paling terkenal yakni donat. Makanan satu ini banyak dijual di toko-toko roti terkenal maupun bisnis UMKM.

Semakin berkembangnya zaman, donat pun banyak disulap jadi berbagai variasi. Jika dulunya donat paling-paling hanya dikreasikan dengan topping krim ataupun meses, zaman sekarang camilan ini sudah disulap jadi bomboloni, donat croissant, donat mini, donat dengan topping atau isian gurih, dan masih banyak lagi.

Penggemar donat biasanya membelinya langsung dalam porsi besar supaya semua kerabat ataupun anggota keluarga di rumah kebagian. Lantas, jika tak habis dimakan, donat disimpan dulu di kulkas agar tetap segar. Bahkan, sejumlah orang memilih menyimpannya di freezer, sehingga bisa tahan lama.

Padahal, freezer kulkas bisa membuat donat jadi super keras seperti batu, lho. Kalau sudah telanjur beku, proses mencairkan donat akan memakan waktu cukup lama apabila tidak dipanaskan di microwave. Belum lagi, tekstur donat juga berisiko berubah, tak lagi selembut dan senikmat saat baru dibeli.

foto: Instagram/@at.arahouse

Namun, pemilik akun Instagram @at.arahouse punya trik melembutkan donat yang keras tanpa microwave, nih. Menurutnya, trik ini ampuh banget bikin donat kembali lembut cuma mengandalkan satu bahan dapur.

"Aku biasanya (melembutkannya dengan) airfryer lagi, tapi pas lagi ga ada airfryer tips ini bisa dicoba, auto empukkk ," tulisnya di keterangan video Instagram @at.arahouse, dikutip BrilioFood pada Sabtu (13/7).

foto: Instagram/@at.arahouse

Jadi, untuk mempraktikkan trik ini, siapkan dulu 1 buah panci di atas kompor, kemudian masukkan donat yang ingin dilembutkan ke dalamnya. Tambahkan juga 2 potong es batu. Yup, es batu inilah bahan dapur utama untuk mempraktikkan trik melembutkan donat ini.

foto: Instagram/@at.arahouse

Setelah diberi es batu, lanjut tutup pancinya dan nyalakan api kompor sedang cenderung kecil. Biarkan selama beberapa saat sampai es batunya meleleh dan tak ada sisa air lagi. Nah, air lelehan es batu yang berubah jadi uap panas di dalam panci tersebut akan bekerja melembutkan donat yang keras secara perlahan.

foto: Instagram/@at.arahouse

Kalau air lelehan es batu sudah hilang, donat pun siap disajikan. Pemilik akun Instagram @at.arahouse menampilkan kondisi donatnya yang sudah lembut, nih. Benar saja, saat dibelah, donatnya tampak empuk seperti baru lagi.