Brilio.net - Pisang dikenal sebagai buah tropis yang populer karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut. Buah ini tak hanya menjadi salah satu pilihan favorit untuk camilan sehat, namun juga bisa untuk bahan dasar dalam berbagai hidangan. Di sisi lain, pisang juga termasuk buah yang kaya akan nutrisi seperti kalium, serat, dan vitamin C. Tidak heran jika pisang menjadi bagian penting dari pola makan banyak orang.

Namun, salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh para petani dan konsumen adalah kondisi pisang yang terkadang dipanen atau dibeli dalam keadaan mentah. Pisang yang dipanen terlalu dini biasanya masih berwarna hijau dan memiliki rasa kurang manis serta tekstur lebih keras. Meskipun pisang mentah ini dapat disimpan dan dibiarkan matang secara alami di rumah, proses pematangan ini memerlukan waktu dan perhatian khusus.

Hingga kini, masih banyak orang yang bingung cara mematangkan pisang dengan baik. Bukan tanpa sebab, proses pematangan sering kali tidak sesuai ekspektasi. Sekalipun menggunakan karbit, pisang terkadang jadi hitam karena terlalu matang.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa meniru trik mematangkan pisang mentah seperti yang dilakukan pengguna Instagram @siti_setyowati_. Melalui salah satu video yang diunggah, warganet tersebut mengaku tidak menggunakan karbit atau bahan kimia lain. Dia justru mengandalkan satu bumbu dapur untuk mematangkan pisang mentah.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @siti_setyowati_ pada Senin (7/10), bumbu dapur yang dimaksud adalah garam. Nah, garam ini berfungsi untuk meningkatkan produksi etilen, yaitu hormon tumbuhan yang bertanggung jawab atas pematangan buah. Ketika pisang terkena garam, proses dehidrasi ringan terjadi pada kulitnya, yang dapat merangsang produksi etilen lebih cepat. Etilen ini kemudian mempercepat pemecahan pati menjadi gula, sehingga membuat pisang lebih manis dan matang lebih cepat.

trik mematangkan pisang dalam 2 hari
Instagram/@siti_setyowati_

Cara pakainya pun cukup mudah. Pertama-tama, siapkan satu sisir pisang. Setelah itu, buat lubang di bagian atas batang pisangnya. Kamu bisa membuat lubang cukup besar dan lebar menggunakan pisau. Pastikan bagian isi batangnya juga dikeruk, ya.

trik mematangkan pisang dalam 2 hari
Instagram/@siti_setyowati_

Selanjutnya, masukkan segenggam garam ke dalam lubang di batang pisang tersebut. Barulah kemudian tutup lubang ini menggunakan plastik yang cukup tebal. Agar semakin rapat, rekatkan plastik tersebut dengan karet.

 

trik mematangkan pisang dalam 2 hari
Instagram/@siti_setyowati_

Jika sudah, letakkan satu sisir buah pisang ini dalam wadah atau baskom. Kemudian tutup baskomnya dengan kain kering yang bersih. Nah, setelah itu, diamkan buah pisang ini selama 2 hari di suhu ruang.

trik mematangkan pisang dalam 2 hari
Instagram/@siti_setyowati_

Setelah 2 hari diperam atau didiamkan, kulit buah pisang yang semula hijau akan menguning dan cerah. Selain itu, teksturnya juga jadi lembut. Hal ini menandakan buah pisang sudah siap untuk dikonsumsi.

Sejak diunggah pada 12 September lalu, video tentang trik mematangkan pisang mentah ini telah ditonton lebih dari 81 ribu kali. Siapa sangka, banyak pengguna Instagram lain yang kemudian memberikan tanggapan secara langsung di kolom komentar. Sebagian besar warganet bahkan turut membagikan saran lain dalam mematangkan pisang yang masih mentah.

"Klo saya gak perlu do kasih garam.. Di jemur sebentar di tempat panas.. Kemudian di taruh dj atas ubin/lantai keramik.. Tertutup plastik.. Mateng juga," ujar Instagram @azhari5352.

"Kalo aku biasanya ku jemur sbntar,biar getahnya kering. 1 sampai 2 hari udah kelihatan kuning kalo mmng bner2 pas nebangnya udah tua diphon," papar Instagram @jehitaaa.

"kl sdh masak pohon gt...digantung aja bs kuning semua kog...itu kebiasaanku sih," tulis akun Instagram @konimahieu198.