Dilansir BrilioFood pada Kamis (22/6), konter kreator tersebut menggunakan baking soda. Tapi sebelum diberi baking soda, siapkan dulu air yang akan dipakai untuk merebus bunga pepaya. Siapkan air dalam panci dan panaskan sampai mendidih.

foto: TikTok/@fajarlele

Jika sudah, masukkan bunga pepaya yang sudah dibersihkan. Dalam video tersebut, dia turut merebusnya bersama daun pepaya. Lalu taburkan 1/2 sdt baking soda ke air rebusan tersebut. Aduk-aduk sampai merata dan rebus bunga pepaya.

"Baking soda juga bisa mempertahankan warna sayur yang direbus," ujar TikTok @fajarlele.

foto: TikTok/@fajarlele

Selain menghilangkan rasa pahit dan mempertahankan warnanya, penambahan baking soda juga bisa mempercepat perebusan, lho. Oleh sebab itu, cukup rebus selama beberapa menit saja agar tekstur bunga pepaya tidak terlalu lembek atau bahan hancur. Jika sudah, langsung angkat dan tiriskan.

foto: TikTok/@fajarlele

Saat hasil bunga pepaya rebus ini dicicipi, Fajar mengaku rasanya sudah tidak pahit lagi. Hal ini membuktikan bahwa baking soda benar-benar ampuh menghilangkan enzim papain di dalam bunga pepaya. Nah, bunga pepaya yang sudah direbus ini siap diolah lagi dengan berbagai macam rempah dan bumbu.

Video tutorial mengolah bunga pepaya ini sudah ditonton lebih dari 124 ribu kali. Siapa sangka, banyak pengguna TikTok lain yang tertarik dan turut memberikan tanggapan di kolom komentar. Ada yang mengaku berterima kasih karena mendapat ilmu bermanfaat, namun ada juga yang membeberkan trik lain yang serupa.

"Mantul sayur pavorit," kata TikTok @arybowo12.

"mksh banyak infoonyabya mas semoga bermanfaat Aamiin," ujar TikTok @fannyarema1.

"wah mantapp bang, patut dicobamakanan favorit tuh," komentar akun TikTok @kayumanis899.

"ijin saran bang.... akan lbh baik lg klu soda lue di tambahkan saat air adh mendidih jd hasilnya empuk tp nggal pahit," papar TikTok @diangbandjar.

"d taburi baking soda jd lembut jg warna nya lbh hijau.sy sll taburi kl rebus sayur yg agak lama lunaknya," sahut TikTok @abeth_888.