Pertama, basahi dulu lap dapur yang ingin dicuci dengan air. Kemudian, tambahkan salah satu bahan dapur utama untuk mencuci lap dapur ini, yakni sabun cuci piring secukupnya. Kucek lap dapur hingga noda, terutama lemak, yang menempel pada lap dapur luntur. Lalu, bilas lap dapur dengan air bersih.

Selanjutnya, untuk menghilangkan sisa sabun yang masih tertinggal sekaligus menghilangkan bau tengik, pemilik akun YouTube Rumah Abecelo menggunakan air yang dicampurkan dengan cuka. Aduk-aduk dan rendam lap dapur sebentar saja. Kemudian, bilas dan tiriskan kembali.

foto: YouTube/Rumah Abecelo

Pemilik akun YouTube Rumah Abecelo juga punya cara khusus jika lap dapur memiliki noda jamur, yakni dibersihkan dengan cairan pemutih pakaian. Caranya, siapkan cairan pemutih di dalam wadah, celupkan dengan sikat gigi, kemudian sikatkan pada noda jamur pada lap dapur.

"Lap atau handuk itu kalau dibiarkan terus, (dan) tidak pernah dijemur jadi ada jamur yang hitam-hitam gitu, ya," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Rumah Abecelo pada Rabu (3/1).

Jika sudah, lakukan proses pencucian yang terakhir, yaitu menggunakan detergen. Pemilik akun YouTube Rumah Abecelo kali ini pakai detergen cair sedikit saja. Setelah detergen dicampurkan dengan air, aduk-aduk hingga berbusa, baru kucek lap dapur hingga benar-benar bersih.

Usai dikucek, bilas lap dapur dengan air bersih sampai tak ada lagi sisa detergen. Setelah itu, peras lap dapur dan jemur di bawah sinar matahari langsung.

foto: YouTube/Rumah Abecelo

Gimana, meski tanpa soda kue ataupun garam, lap dapur tetap bisa dibersihkan hingga kinclong, kan? Mengintip unggahan YouTube Rumah Abecelo yang sudah ditonton 200 kali, beberapa warganet tampak antusias dengan trik membersihkan lap dapur ini, lho.

"terimakasih infonya bunda, jadi tau caranya biar lap dapur ga bau lg. biasanya sy cuci 2x dan pakai sabun mandi kalo nyuci lap," tulis YouTube @mamahneng3354.

"Terimakasih tutorialnya sangat bermanfaat bun,, baru tau caranya begitu,, aku kalo udh bau tengik suka tek buang lapnya karna ga tau caranya," ungkap YouTube @bundaipi3506.