Dilansir BrilioFood dari TikTok @tanduria.co pada Minggu (19/11), bahan dapur yang digunakan adalah beras, gula merah, dan telur. Jadi, sejumlah bahan ini nantinya akan dicampur untuk kemudian disiramkan ke tanaman sebagai pupuk. Dalam video tersebut, pengguna TikTok ini juga turut menjelaskan kandungan dalam sejumlah bahan dapur yang digunakan.

foto: TikTok/@tanduria.co

"Gimana nggak cepat berbuah, kandungan protein, asam, amino, fosfor, kalium, zinc, kalsium, karbohidrat yang sangat tinggi itu memaksa sistem pertumbuhan tanaman jadi ngebut, terutama pada masa generatif atau saat berbuah," terangnya.

Nah, untuk cara membuat pupuk ini pun cukup mudah. Pertama-tama, siapkan wadah. Lalu masukkan segenggam beras putih dan campur dengan 1 liter air. Jika sudah, masukkan 1 butir telur dan 50 gram gula merah yang sudah dihancurkan.

foto: TikTok/@tanduria.co

Selanjutnya, aduk semua bahan tadi sampai tercampur rata. Kemudian pindahkan ke dalam teko (agar lebih mudah dituang). Atau bisa juga dengan langsung menyiramkan cairan ini ke beberapa tanaman.

foto: TikTok/@tanduria.co

Supaya hasilnya lebih maksimal, sebaiknya jangan lakukan penyiraman pupuk ini terlalu sering. Cukup 1-2 minggu sekali saja. Dengan begitu, tanaman tomat akan semakin lebat dan cepat berbuah.

Sejak diunggah pada 31 Agustus lalu, video ini sudah ditonton lebih dari 513 ribu kali. Siapa sangka, banyak pengguna TikTok lain yang tertarik dan ikut memberikan tanggapan secara langsung melalui kolom komentar.

 

"aku kulit bawang merah,bawang putih.kulit telur dihaluskan tak taruh di pot tanaman jd subur2 tanemannya," ungkap TikTok @anissa_272.

"Dipermentasi dulu lebih baik," papar TikTok @dayung08.

"mau coba," kata TikTok @remichris23.

"Sdh Sy Praktekin & Emang Bgs," sahut TikTok @elaaliena.

"Waah.. info bagus tuh," ujar TikTok @hendradewi96.