Brilio.net - Kasur yang setiap hari digunakan sebaiknya juga rutin dibersihkan. Pasalnya, banyak kuman berisiko menumpuk dan membuat warna kasur jadi dekil. Tak sampai situ saja, kasur juga mudah lembap, sehingga mengundang kutu bersarang.

Salah satu cara paling mudah membersihkan kasur yang telanjur penuh noda dan kutu, yakni divakum. Di samping itu, ada pula yang memilih mencucinya, kemudian menjemur kasur di bawah sinar matahari langsung. Namun, kedua cara tersebut kurang cocok buat sejumlah orang, karena ada yang tak memiliki vakum cleaner dan ogah repot-repot menjemur kasur.

Nah, pengguna akun TikTok @sky1906_ punya alternatif cara lain yang jauh lebih praktis, nih. Usut punya usut, cara basmi noda dan kutu di kasur ala pria ini bikin bersih cuma mengandalkan satu alat dan bahan dapur.

foto: TikTok/@sky1906_

Sebelum memulai triknya, siapkan dulu mangkuk untuk meracik bahan-bahannya. Isi mangkuk tersebut dengan air hangat secukupnya. Selanjutnya, tuangkan sabun cair dan cairan alkohol dengan kadar 60 persen.

foto: TikTok/@sky1906_

Kemudian, tambahkan bahan dapur utamanya, yakni 1 sdm baking soda. Aduk hingga semua racikan bahan pembersih tercampur rata. Jika sudah rata, celupkan kain ke dalamnya, lalu peras agar kain tak terlalu basah.

Usai diperas, bentangkan kain, kemudian letakkan tutup panci di tengahnya. Yup, tutup panci inilah alat dapur untuk mempraktikkan cara basmi noda dan kutu kasur ini.

foto: TikTok/@sky1906_

Setelah itu, bungkus tutup panci tersebut dengan kain yang sudah dicelupkan ke bahan pembersih. Langsung gunakan tutup panci berbungkus kain tersebut untuk menyeka seluruh permukaan kasur, terutama di area yang kotor dan terdapat kutu.

foto: TikTok/@sky1906_

Pemilik akun TikTok @sky1906_ memperlihatkan kondisi kainnya usai dipakai untuk mengusap kasurnya. Terlihat kain tersebut berubah jadi kecokelatan, yang artinya sukses membasmi noda. Ia pun menjelaskan, cara membersihkan kasur ini bisa dipraktikkan secara rutin agar kasur selalu bersih dan bebas kutu.

"Lakukan 15 hari sekali, biar tetap bersih dan kutu pun punah," tulis pengguna akun TikTok @sky1906_ di videonya, dikutip BrilioFood pada Minggu (7/7).

Gimana, kamu tertarik mencoba atau punya cara lain buat bersihkan kasur kotor dan berkutu? Mengintip unggahan TikTok @sky1906_ yang sudah ditonton 764 ribu kali, beberapa warganet juga membagikan alternatif cara lain yang nggak kalah praktis untuk kamu coba di rumah.

"kalau aq tak vakum trus tak setrika springbednya, trus tak semprot baygon soalnya anakku sempet gatal2, takut kena kutu ya udah deh tak gtuin aj," tulis TikTok @Mara.

"klw aku cuci kasur min 3 bulan sekali, tiap bulan bersihin sikat sikat aka permukaan, tp 3 bulan skali cuci kasur besar," tutur TikTok @Kenny.M.Liza.

"jemur kasur atau bantal... patroli kutubusuk seluruh sisi kasur semprotkan campuran cuka+sabun cair cuci piring ditiap sarang atau kutubusuk secara lgsg. lgsg jlep mati semua," imbuh TikTok @zakiymoe.