Brilio.net - Sayur lodeh adalah salah satu hidangan tradisional Indonesia yang sarat dengan cita rasa dan kaya nilai gizi. Hidangan ini terbuat dari berbagai jenis sayuran yang dimasak dalam kuah santan, rasanya gurih dan sedikit manis. Sayur lodeh seringkali menjadi pilihan menu makan sehari-hari atau sajian di perayaan khusus karena kelezatannya mampu memanjakan lidah.

Dilihat dari proses memasaknya, sayur lodeh pada dasarnya bisa dibuat dengan bahan sederhana, misalnya sayur terong, kacang panjang, labu siam, dan wortel yang dipotong. Namun satu hal yang membuat sayur lodeh begitu lezat adalah kuahnya yang terbuat dari santan dan bumbu-bumbu tradisional. Nah, penggunaan santan menjadi kunci penting yang bikin sayur lodeh terasa gurih dan creamy.

Sayangnya, penggunaan santan ini juga yang membuat sayur lodeh cepat basi, lho. Bukan tanpa sebab, santan termasuk bahan makanan yang mudah basi dan rusak, terlebih jika tidak dimasak dengan benar. Hal ini juga yang berpotensi membuat sayur lodeh cenderung cepat basi dalam beberapa jam saja.

Biasanya sayur lodeh yang sudah basi akan ditandai dengan perubahan aroma dan rasa yang cenderung asam. Nah, jika kamu mendapati sayur lodeh hampir basi (belum benar-benar basi), ada sebuah trik yang bisa dilakukan supaya makanan ini bisa dikonsumsi dengan aman. Salah satunya adalah dengan menambahkan sedikit baking soda ke dalam sayur lodeh.

Nah, selain dengan baking soda, ada bahan lain yang nggak kalah ampuh dalam mengembalikan kesegaran sayur lodeh. Bahan ini pernah digunakan oleh pemilik akun Facebook Fitri Rahmawati. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya mengandalkan satu bumbu dapur.

foto: Facebook/Fitri Rahmawati