Untuk mengakali hal tersebut, banyak yang mencoba berbagai trik, salah satunya hati ayam diungkep terlebih dahulu sebelum digoreng. Selain itu, ada juga yang menaburi minyak goreng dengan sedikit tepung terigu.

Namun ternyata ada cara lain yang bisa dicoba, lho. Seorang pengguna YouTube Emak Nor tampak membagikan cara mudah untuk menggoreng hati ayam agar minyaknya tidak meletup. Dalam salah satu unggahan videonya, ia tidak mengungkep hati ayam.

foto: YouTube/Emak Nor

Dilansir BrilioFood pada Jumat (5/1), ia tampak menusuk-nusuk hati ayam dengan tusukan sate. Setelah dilubangi kecil dengan tusukan sate, hati ayam dicuci hingga bersih dengan air mengalir, lalu ditiriskan. Lubang kecil tersebut dapat membantu mengurangi kadar air pada hati ayam usai dicuci dengan air bersih.

foto: YouTube/Emak Nor

Setelah itu, ia membumbui hati ayam dengan 3 sdm tepung beras, 3 sdm tepung terigu, tepung ayam goreng secukupnya, 1/2 sdm garam, 1/2 sdm bubuk kari, penyedap rasa, dan aduk dengan air secukupnya. Campuran bahan-bahan ini dibalurkan ke hati ayam. Setelahnya, goreng hati ayam dengan api sedang.

foto: YouTube/Emak Nor

"Hati ayamnya ditusuk pakai tusukan sate dan dibuat tepung basah supaya minyaknya tak meletup," jelas pemilik akun YouTube Emak Nor.

Hasilnya, minyak tak terlihat meletup selama hati ayam digoreng. Masak hati ayam sampai warnanya berubah kecokelatan dan matang. Bolak-balik hati ayam agar matangnya merata. Setelah itu, angkat dan siap untuk disajikan.